Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » 260 Mahasiswa Unair Surabaya KKN di Jember, 26 Diantaranya Mahasiswa Asing

260 Mahasiswa Unair Surabaya KKN di Jember, 26 Diantaranya Mahasiswa Asing

260 Mahasiswa Unair Surabaya KKN di Jember, 26 Diantaranya Mahasiswa Asing

Jember (titik0km.com) – 260 Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Rabu (4/7/2018) mengawali Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Jember, dari 260 Mahasiswa Unair 26 diantaranya Mahasiswa Asing dari 8 Negara yang kuliah di Unair dan ikut KKN di Jember, hal ini disampaikan oleh Ketua KKN Unair Surabaya Abdul Samik kepada sejumlah media.

“Tahun ini Unair menerjunkan 3283 Mahasiswa untuk KKN dan Jember sendiri ada 260 Mahasiswa Unair dimana 26 diantaranya mahasiswa asing dari 8 negara yang kuliah di Unair, ada yang dari Amerika, Afrika, Timur Tengah dan negara lainnya, dan ini pertama kalinya mahasiswa Asing terlibat KKN di Jember yang mana pada tahun ini memasuki tahun ke 3,” ujar Abdus Samik.

Samik menjelaskan tujuan KKN Mahasiswa Unair ada binaan-binaan ke wilayah termasuk di Jember, KKN Mahasiswa Unair kali ini fokus utamanya adalah pembinaan TKI, Kesehatan, Lingkungan, Pemberdayaan Revolusi Mental, Tentang Perumahan Rakyat, dan UMKM, namun untuk Jember fokus utamanya pada 4 bidang.

“Kami kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, terkait KKN Mahasiswa ini, ada beberapa fokus utama yang menjadi tujuan KKN kami diantaranya masalah TKI, disamping TKI, di Jember kami juga fokus pada Kesehatan, Pendidikan dan Pariwisata, tentu harapan kami setelah adik-adik Mahasiswa KKN di sini, khususnya dari luar negeri bisa menjual destinasi wisata di Jember ke negaranya, dan ini bisa membantu mempromosikan Jember,” tambah Abdus Samik.

Bupati Jember sendiri dr. Hj. Faida MMR dalam sambutannya mengatakan bahwa Mahasiswa Unair yang melakukan KKN di Jember agar benar-benar bisa menikmati suasana KKN dengan nyaman dan bisa mendapat ilmu yang bermanfaat serta selama KKN di Jember.

“Banyak tempat wisata menarik di Jember, selain itu juga banyak home industri maupun pabrikan yang asli dari Jember, diantaranya Cerutu, Edamame, dan beberapa produk makanan khas Jember lainnya, jadi pesan saya jangan kembali ke Surabaya kalau belum berkunjung ke beberapa lokasi wisata dan tempat kuliner di Jember,” ujar Bupati.

Bupati sendiri kepada ratusan Mahasiswa Unair yang memenuhi ruang Aula Wahya Wibawagraha menjelaskan bahwa strategi Pemkab Jember dalam mempromosikan wisatanya adalah pada strategi wisata religi dan edukasi, sehingga diharapkan Mahasiswa Unair yang KKN di Jember tidak menyianyiakan kesempatan ini dalam menuntut ilmu.

“Jember dalam pengembangannya menggunakan strategi wisata Religi dan edukasi, karena di Jember banyak tempat edukasi sekaligus wisata, seperti Puslit Koka, maupun Musium Tembakau dan Diaroma,” bebernya.

Sementara Ubed Mahasiswa asal Afrika Timur kepada media ini mengatakan bahwa dirinya merasa senang bisa ikut KKN di Jember, menurunya Jember sudah dikenal di negaranya, terutama dari sisi wisata dan Kuliner.

“Saya baru pertama kalinya ini ke Jember, yang saya ketahui tentang Jember sebelum saya kesini adalah Panti Papuma, JFC dan camilan yang manis, saya lupa namanya, tapi kalau saya lihat camilannya saya ingat,” ujar Ubed. Camilan yang dimaksud Mahasiswa yang baru 10 bulan di Indonesia ini adalah Suwar-Suwir yang memang selama ini menjadi makanan khas dari Kabupaten Jember.

Hal senada juga disampaikan Umar (20), Mahasiswa asal Pakistan, menurutnya yang ia kenal dari Jember sebelum ikut KKN kali ini adalah Teluk Lovenya, dirinya bersama dengan teman senegaranya ingin sekali bisa mengunjunginya selama di Jember.

“Love Beach, itu yang pertama kali saya ingat ketika saya mau berangkat KKN ini, dan saya sangat senang bisa ikut KKN di Jember kali ini, tentu cerita-cerita orang tentang kecantikan Love Beach (teluk love,red) akan saya ceritakan sesuai yang saya lihat, saya juga senang dengan suasana di Jember, karena masyrakatnya ramah,” ujar Mahasiswa yang kuliah mengambil jurusan Sastra Indonesia. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top