Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Begini Perjuangan Mahasiswa Asal Jember Untuk Mendapat Beasiswa Pemkab Sampai Larut Malam

Begini Perjuangan Mahasiswa Asal Jember Untuk Mendapat Beasiswa Pemkab Sampai Larut Malam

Begini Perjuangan Mahasiswa Asal Jember Untuk Mendapat Beasiswa Pemkab Sampai Larut Malam

JEMBER (tititk0km.com) – Bisa menempuh pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi adalah dambaan setiap orang tua dalam menyekolahkan anaknya walau harus banting tulang untuk membiayai pendidikannya, begitu juga dengan sang anak yang berbakti, tentu yang baik akan berusaha semaksimalm mungkin membantu meringankan beban orang tuanya, seperti yang dilakukan oleh Robby Herpri Mega Satria, Mahasiswa Unmuh Malang.

Perjuangan mahasiswa asal Dusun Krajan Desa Tempurejo Kabupaten Jember untuk mendapatkan beasiswa patut diacungi jempol, ditemui media disela-sela antrian menunggu giliran wawancara oleh tim seleksi di aula Pendopo Wahyawibawagraha Jum’at (23/2) malam pukul 21.30, Robby Herpri Mega Satria nampak bersemangat. Tak ada rasa lelah diwajah pemuda usia 20 tahun tersebut, padahal baru saja tiba perjalanan dari Malang.

“Ya Baru saja datang dari Malang mas dan sekarang siap antri untuk wawancara calon penerima beasiswa mahasiswa,” katanya memulai pembicaraan.

Dirinya mendapatkan informasi adanya program Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR yakni pemberian 5000 beasiswa mahasiswa asal Jember yang meneruskan pendidikan di perguruan tinggi dimanapun dari teman sekampungnya yang kuliah di Polije yang sudah dahulu mendapatkan beasiswa.

“Saya tertarik mas dan menyiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan,” ucap Robby sapaan akrabnya.

Mahasiswa semester empat Fakultas Pertanian dan Peternakan Jurusan Peternakan tersebut menjelaskan bahwa dirinya ingin membantu meringankan beban orang tua yang hanya seorang petani. Beban yang sangat berat terlebih dua orang adiknya masih bersekolah. “Adik pertama duduk di bangku SMA sedangkan adik kedua masih SD,” jelasnya.

Robby mendapatkan telpon dari tim seleksi beasiswa mahasiswa pada Kamis pagi (22/2) untuk mengikuti wawancara pada Jum’at (23/2)  malam pukul tujuh malam. “Agar tidak terlambat, lepas sholat Jum’at saya langsung ke terminal mas pulang ke Jember sampai Magrib langsung ke Pendopo,” katanya.

Ketika disinggung apakah sempat makan mengisi perut, Robby menjawab belum dan tidak masalah baginya. Karena yang terpenting dapat ikut seleksi dengan diwawancarai oleh tim seleksi. “Sebenarnya sore tadi ada perkuliahan mas, tapi saya ijin tidak masuk dan memilih pulang ke Jember,” ucapnya.

Anak sulung dari pasangan Hery Suyono dan Suprihatin ini memastikan bahwa dirinya belum pernah mendapatkan dan mengajukan beasiswa dimanapun berada. Robby juga mengatakan bahwa pihaknya besok Sabtu pagi (24/2) akan kembali ke Malang karena ada kegiatan di kampus.

Besar harapan bagi Robby untuk diterima agar dapat meringankan beban orang tua mengingat sang adik yang masih keci dan bersekolah serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida terlihat mendampingi dan melihat secara langsung proses interview calon penerima beasiswa dengan sesekali mengajak mahasiswa ngobrol dan memberi semangat tim penyeleksi, “Perjuangan anak-anak Jember untuk mendapat beasiswa patut diacungi jempol, begitu juga dengan tim penyeleksi selama 3 hari melakukan intervie sampai larut malam, semata-mata demi mewujudkan cita-cita warga Jember, semoga kita semua selalu diberi kekuatan dan kesehatan Amin,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga menyampaikan kepada media bahwa untuk mahasiswa penerima beasiswa tahun 2017 tidak perlu mengajukan lagi, tapi akan mendapatkan lagi secara otomatis tapi dengan ketentuan dan syarat yang ada, seperti nilai yang semakin meningkat, data mahasiswa apakah pindah dan yang lainnya.

“Untuk penerima beasiswa tahun kemarin tidak perlu mengajukan lagi, beasiswa akan diberikan secara otomatis dengan ketentuan dan syarat yang ada, seperti nilai semakin meningkat dan data pendukung lain,” pungkas Bupati Jember dr. Hj. Faida. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top