Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Bersama Rumah Sakit Bina Sehat, BPBD Jember Gelar Simulasi Gempa

Bersama Rumah Sakit Bina Sehat, BPBD Jember Gelar Simulasi Gempa

Bersama Rumah Sakit Bina Sehat, BPBD Jember Gelar Simulasi Gempa

Jember (titik0km.com) – Ratusan perawat dan pasien berhamburan keluar dari dalam rumah sakit Bina Sehat sambil menutupi kepalanya dari benda yang berjatuhan, ada yang digendong ada pula yang di bopong, kejadian pada Selasa (28/11/2017) ini merupakan simulasi tanggap bencana gempa yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember bersama dengan rumah sakit swasta.

“Kami menggelar pelatiahan tanggap bencana bersama dengan rumah sakit Bina Sehat, meski Jember bukan daerah rawan gempa, namun pelatihan seperti ini tetap harus dilakukan, karena bencana datang tidak direncanakan, dan kami akan terus meng’update’ karyawan rumah sakit agar benar-benar bisa mengatasi pasien-pasien jika terjadi bencana,” ujar plt. Kepala BPBD Jember Drs. Widi Prasetyo kepada sejumlah wartawan.

Widi menambahkan, pelatihan tanggap bencana yang dilakukan selama dua hari mulai Senin sampai selasa ini akan terus dilakukan review.

Meski kegiatan ini hanya simulasi, namun suasana tegang tetap dirasakan oleh beberapa tim dan karyawan rumah sakit Bina Sehat yang terlibat dalam kegiatan tersebut, terutama saat latihan menurunkan pasien dalam kondisi pingsan dari lantai 3 dengan menggunakan tandu sangkar yang dikaitkan ke tali untuk diluncurkan kebawah.

“Meski ini simulasi, tapi kami tetap serius dan berlatih dengan sungguh-sungguh, memang selama ini belum ada bencana gempa yang membahayakan pasien maupun rumah sakit, namun latihan seperti ini memang diperlukan untuk perawat dan karyawan, terlebih perawat dan karyawan rumah sakit harus bisa memberikan rasa tenang kepada pasien dalam kondisi apapun,” ujar Yuni Nur Afifah Kabag Fasilitas dan Keselamatan Rumah Sakit Bina Sehat Jember. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top