Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Bupati Ajak Dirut BPJS Naker Nyanyi “Saya Indonesia – Saya Pancasila”

Bupati Ajak Dirut BPJS Naker Nyanyi “Saya Indonesia – Saya Pancasila”

Bupati Ajak Dirut BPJS Naker Nyanyi “Saya Indonesia – Saya Pancasila”

JEMBER (titik0km) Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, mengajak Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan (Naker) Agus Susanto, Dewan Pengawas BPJS Naker Safri Adenan Bahrudin, menyanyikan lagu “Saya Indonesia– Saya Pancasila” diikuti ribuan guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap (GTT & PTT) di lingkungan Dinas Pendidikan yang hadir di gedung Serba Guna Kaliwates Jember, Selasa (29/8/2017) pagi.

Sebelum dilakukan penyerahan kartu kepesertaan BPJS Naker kepada ribuan GTT dan PTT tersebut, Bupati Faida, mengajak seluruh hadirin menyanyikan lagu Saya Indonesia Saya Pancasila, tak hanya itu di akhir sambutannya pun Faida, mengajak menyanyikan sebuah lagu berjudul Kasih Ibu, sebagai penghargaan terhadap guru dan dedikasi ibu dalam mendidik generasi penerus bangsa.

Seluruh hadirin berdiri dan membakar semangat nasionalisme dengan menyanyikan lagu ciptaan siswa SMAN 1 Jember, Traviata Bianca Berliana Putri,

“Marilah kawanku semua

Kita satukan tekad maju bersama

Demi negara kita

Wujudkan cita-cita

NKRI aman damai

Tak gentar hadapi rintangan

Tekadkan tiada lelah untuk berkorban

Demi negara kita

Wujudkan cita-cita

NKRI kita jaga bersama

Reff

Saya Indonesia, Saya Pancasila

NKRI jaya untuk selamanya

Saya Indonesia, Saya Pancasila

NKRI jaya slama-lamanya,”

Faida, menegaskan seluruh GTT dan PTT di lingkungan Dinas Pendidikan, yang masuk dalam BPJS Naker tidak perlu repot mengurus pembayaran premi, karena sudah include dalam honor yang diterima secara otomatis melalui rekening.

Dia mengingatkan agar tujuan Pemerintah Kabupaten meningkatkan kesejahteraan GTT dan PTT tercapai, diimbau agar tidak membelanjakan honornya untuk kepentingan beli kerudung, atau yang lain. Tetapi dimaksimalkan untuk jaminan perlindungan sosial yang ada. “Jangan tergoda diskon bahwa kartu BPJS Naker bisa dipakai belanja ke mana mana. Kita fokus kepada benefit dan manfaat utama saja, yakni melindungi dari kecelakaan kerja ,” ujar Faida.

Jangan sampai ada GTT dan PTT yang tersia – sia dan celaka di perjalanan saat berangkat dari rumah ke tempat kerja puluhan kilometer tanpa perlindungan dari negara.”Semoga Allah melindungi semua,” imbuhnya.

Faida, juga mengingatkan agar GTT dan PTT berani melawan pungli baik di Pemda, Dinas Pendidikan, dan Sekolahan.   “Sanggup menolak pungli ? Pungli halal apa haram ? “, ujar Faida.

“Kalau haram haram berarti yang melakukan dosa, yang dipungli dosa, yang tahu tidak melapor dosa. Yang membiarkan saja dosa, semua ikut berdosa,” sergahnya lagi.

Faida juga mengingatkan lagi bahwa perjuangan GTT dan PTT tidak ringan dan mudah. Tetapi harus tetap menyakini bahwa honor dan gaji bukan hambatan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Mari kita nyanyikan bersama, “Hanya memberi … tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia…”

Lalu serentak menyanyi, “Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa, hanya memberi, tak harap kembali. Bagaikan surya menyinari dunia…”.

Data yang ada, jumlah GTT dan PTT di sekolah TK/SD/MI/SMP/MTs negeri dan swasta di Jember rinciannya, adalah SD Negeri 910 buah, SMP Negeri 95, SMA Negeri 18, SMK Negeri 8, untuk SD swasta 77, MI Negeri ada 6, MI Swasta ada 382, SMP Swasta 155, MTs N ada 4, MTs Swasta ada 194. Tahun 2016 ada 1.031 lembaga, tahun 2017 ada 1.825 lembaga.

Guru honorer atau tidak tetap (GTT) di sekolah TK Negeri ada 10 orang, di TK swasta ada 172 orang, pegawai tidak tetap (PTT) di lembaga TK ada 4 orang, dan PTT di TK swasta ada 19 orang. Totalnya GTT dan PTT ada 205.

GTT di SD Negeri 3.796 orang, GTT di SD swasta ada 82 orang. PTT untuk SD Negeri ada 679 dan di SD swasta ada 10 orang. Total GTT dan PTT di tingkat SD ada 4.567 orang.

GTT di SMP Negeri ada 707 orang, di SMP swasta ada 124 orang, untuk PTT di SMP Negeri ada 473 dan di SMP swasta ada 36 orang. Total GTT dan PTT di tingkat SMP ada 1.340 orang.

Jadi total GTT TK/SD/SMP/MTs negeri dan swasta ada 4.891 orang, dan PTT di lembaga TK/SD/MI/SMP/MTs negeri dan swasta ada 1.221. Total GTT dan PTT se Kabupaten Jember di lingkungan Dinas Pendidikan adalah 6.112 orang.(hms/ali/mlj)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top