Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal | Titik Nol Kilometer
Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis 5000 Dhuafa Tahun 2014 terlaksana atas dukungan
Anda di sini: Home » Regional » Bupati Djalal Canangkan Jember Bebas Bibir Sumbing

Bupati Djalal Canangkan Jember Bebas Bibir Sumbing

Bupati Djalal Canangkan Jember Bebas Bibir Sumbing

Pangdam V Brawijaya Murdjito saat mengunjungi pasien dalam aksi sosial di HUT TNIJEMBER (titik0km.com) - Gebrakan baru digaungkan Bupati Jember M.Z.A Djalal dalam membantu kaum dhuafa yang menderita bibir sumbing dan penyakit katarak. Tahun 2013 mendatang, lewat Tim Penggerak PKK yang dikomandani Sri Wahyuni Djalal kerja bareng Rumah Sakit Bina Sehat Jember akan mencanangkan Jember bebas Bibir Sumbing dan Penyakit katarak.

Rencananya, akan dibuat aksi sosial operasi gratis bibir sumbing dan operasi katarak gratis untuk masyarakat miskin yang ada di Jember. “Kita akan canangkan Jember bebas bibir sumbing dan penyakit katarak,” ujar Bupati Jember M.Z.A Djalal saat bertemu dengan Direktur RS Bina Sehat Jember dr Faida MMR.

Dengan digelarnya operasi bibir sumbing dan operasi katarak gratis, maka masyarakat Jember tidak perlu lagi memikirkan soal biaya saat menjalani operasi. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Maka dari itulah, bagi warga yang mengetahui ada penderita bibir sumbing dan katarak segera menginformasikan langsung ke RS Bina Sehat Jember.

Menanggapi hal itu, Direktur RS Bina Sehat Jember mengaku gembira sekali. Bila masyarakat Jember nantinya sudah terbebas dari bibir sumbing dan katarak, baru akan bergerak ke kabupaten lain. “Ini aksi sosial gratis khusus untuk kaum dhuafa. Kita canangkan seribu operasi gratis nantinya,” ujarnya.

Maka dari itulah, demi suksesnya kegiatan tersebut, perlu support dan dukungan dari semua pihak. Operasi bibir sumbing dan katarak gratis tersebut, kata Faida, sekaligus untuk merespons niat baik dari Pangdam V Brawijaya Murdjito yang akan memusatkan aksi sosial di Jember.

“Dengan keterlibatan dari semua pihak, maka akan semakin banyak masyarakat miskin yang akan terbantukan,” tegasnya. Siapa saja, kata faida, boleh terlibat dalam aksi sosial ini. Harapannya, nantinya tidak hanya operasi bibir sumbing dan katarak yang bisa dioperasi gratis. “Kita juga akan rancang aksi-aksi sosial lainnya,” tegasnya.

Sebelumnya, sebanyak 22 dokter mendukung penuh operasi gratis bagi 100 dhuafa yang dilaksanakan Rumah Sakit Bina Sehat Jember dalam rangka peringatan HUT TNI yang ke-67. Sedikitnya ada 100 pasien bibir sumbing, katarak dan hernia yang menjalani operasi gratis. Ini sebagai salah satu bentuk aksi peduli sosial yang dilakukan RSBS bersama kalangan dokter di Jember. Rencananya aksi sosial serupa akan dilaksanakan sepanjang tahun.

Dr. Hj. Faida MMR, Direktur RS Bina Sehat Jember menyampaikan, RS Bina Sehat menggandeng TNI karena TNI dikenal dekat dengan rakyat. Peran TNI dimulai sejak memotivasi pasien, mempersiapkan kelengkapan administrasi pasien (KTP, KK dan SKTM), mengantar pasien ke RS Bina Sehat hingga mendampingi pasien saat operasi dilakukan. Bahkan, pada saat kontrol setelah operasipun pasien tetap mendapat pendampingan dari TNI yang bertugas. “Tercatat sebanyak 100 pasien mendapat kesempatan dalam kegiatan aksi sosial ini yaitu meliputi operasi katarak sebanyak 46 pasien, hernia 29 pasien dan bibir sumbing 25 pasien” jelasnya. (tnt)

If you enjoyed this article, Get email updates (It’s Free)

Download PDF berita iniDownload ke format PDF berita ini

Leave a Comment

Heads up! You are attempting to upload an invalid image. If saved, this image will not display with your comment.

© 2012-2013 Portal News of Titik 0 Km

Scroll to top
Ikatan Pengusaha Jember Pusat Informasi Kota / Kabupaten Jember Desain Grafis Jember BIOHEXA PANDU HERBA - Produsen Kapsul Herbal Albumin Sari Ikan Gabus Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini Pasang Iklan disini
eXTReMe Tracker