Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Bupati Faida Launching GISA dan SEMEDI Program Andalan Dispendukcapil

Bupati Faida Launching GISA dan SEMEDI Program Andalan Dispendukcapil

Bupati Faida Launching GISA dan SEMEDI Program Andalan Dispendukcapil

Jember (titik0km.com) – Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR dengan didampingi Sekda, Anggota DPRD dan sejumlah Pejabat, Sabtu (18/8/2018) melakukan Launching Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) dan program Secepat-ceparnya Pasti Jadi (Semedi) di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Dalam acara tersebut, Kepala Dispendukcapil Sri Wahyuniati memaparkan, tingkat kesadaran masyarakat Jember dalam memenuhi administrasi kependudukannya cukup tinggi, dan kesadaran masyarakat dalam memenuhi administrasi kependudukan juga terus diimbangi oleh Dispenduk, sehingga saat jumlah warga yang statusnya Print Ready Record tinggal 841 warga.

“Dari jumlah sebelumnya warga yang proses Adminduknya PRR ada 196 ribu, kini tinggal 841 pemohon yang statusnya PRR, dan tinggal selangkah lagi Adminduk Jember memenuhi target nasional yang di intruksikan Kemendagri, dimana pada akhir 2018 jumlah warga yang memiliki adminduk mencapai 99 persen,” ujar Sri Wahyuniati.

Wahyuni optimis, dengan program Semedi, dimana warga yang mengurus segala keperluan Adminduk akan dilayani tidak lebih dari 10 menit, target nasional bisa dilampaui dalam bulan Agustus ini, “Dengan layanan Semedi, kami optimis terget nasional untuk adminduk sebesar 99 persen terpenuhi,” ujar Wahyuni.

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR yang meresmikan langsung GISA di Dispenduk, juga melihat secara langsung bagaiman program Semedi yang dibanggakan Dispendukcapil Jember berjalan, tidak hanya itu, Bupati juga melihat bagaiman Dispenduk melakukan pendataan dan monitoring terhadap warga yang sedang melakukan antrian mengurus Adminduk.

“Tadi saya melihat secara langsung bagaimana program Semedi itu diterapkan kepada masyarakat, karena saya tidak ingin masih ada warga yang mengeluh di media sosial tentang lambatnya mengurus Adminduk, dimana kalau ingin cepat jadi harus bayar, apalagi Pemerintah Kabupaten Jember saat ini sedang gencar-gencarnya memerangi pungli, silahkan kalau ada warga yang mengeluarkan biaya saat mengurus Adminduk lapor ke kami,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR

Pada acara Launching GISA yang juga disertai pernikahan 44 pasangan non muslin di Dispenduk tersebut, bupati juga mengecek bagaiman sistem IT yang digunakan Dispenduk dalam melayani dan bekerja memetakan jumlah warga yang sudah  ber KTP elektronik maupun yang masih menggunakan Surat Keterangan (Suket).

“Sistem IT yang dimiliki Dispenduk masih perlu penyempurnaan, dari penjelasan yang disampaikan Kadispenduk, ada 4 point yang menjadi PR, yang paling utama yaitu bagaimana Dispenduk bisa melakukan pendataan by name by adres kepada warga yang belum memiliki KTP, dan ini harus kerjasama antara Dispenduk, Camat dan Desa, sehingga akan kelihatan desa mana yang paling banyak warganya yang belum memiliki KTP Elektronik,” pungkas Bupati. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top