Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Desa Wirowongso Lantik Perangkat Desa Muda Berpotensi

Desa Wirowongso Lantik Perangkat Desa Muda Berpotensi

Desa Wirowongso Lantik Perangkat Desa Muda Berpotensi

JEMBER (titik0km.com) – Setelah melalui proses tahapan-tahapan peraturan yang berlaku, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, melantik 5 perangkat desa muda baru yang memenuhi persyaratan, Rabu (12/4/2017) siang.

“Kalau integritas kita juga tidak bisa bicara seperti itu dulu ya, karena nanti akan diupayakan inaugurasi oleh pak camat kalau prosedurnya memang harus dengan pengisian sehingga didalam tes itulah kita wawancarai yang sehingga kita pilih anak anak ini, selanjutnya anak anak ini kita didik untuk siap menjadi perangkat desa,” ujar Kepala Desa (Kades) Wirowongso, Hj Eny Hindayanti Sucipto, setelah melakukan pelantikan perangkat desanya yang baru.

Kades meyakinkan, pengangkatanya jelas alami sesuai amanah undang-undang, seperti ini prosesnya yang akhirnya terpilih. “Cuma kalau saya secara pribadi saya yakin anak-anak muda ini masih bersih mungkin mereka lebih bisa mengerti cara kita saat kita bimbing seperti apa, insyallah seperti itu dan tidak seenaknya sendiri karena mereka masih muda muda,” tegasnya.

Sementara menurut Camat Ajung Slamet Wijoko, para pemuda tersebut menduduki posisinya dengan penuh kesadaran, penuh kesadaran akan pentingnya mereka ditengah masyarakat.

“Oleh karena itu saya ingin berangkat dari performance kita sudah tahu semua bahwa paradigma pemerintahan dibawah kepemimpinan bupati yang baru Bu Faida ini menegakkan kejujuran. Oleh karenanya, kami akan memulai dengan komitmen seperti ini dengan standar sehingga ketika mereka sedikit ada kelengahan dalam menjalankan roda pemerintahan secara psikologis kita sudah bisa dikendalikan,” katanya.

Untuk diketahui setelah prosesi pelantikan Pemerintah Kecamatan Ajung akan memberi pelatihan pada perangkat perangkat desa itu agar menyesuaikan tugasnya sebagai pembantu kepala desa.

Sedangkan, untuk pemilihan perangkat desa itu sendiri melalui proses ada tiga tahapan yaitu falidasi, keabsahan, dan wawancara dari pendahuluan tingkat desa itu dilakukan oleh panitia pemilihan ditingkat desa.

Setelah mereka lulus dari sekian banyak calon maju ke tingkat kecamatan, verifikasi, kemampuan intelektualitas komputer dan lain-lain oleh tim pemerintah di tingkat kecamatan. Selanjutnya, dari sepuluh orang tersebut, yang dinyatakan lolos memenuhi syarat hanya lima orang.

“Kebetulan yang muda-muda. Kami yakin mereka memiliki daya inovasi yang memenuhi syarat, skornya bisa dicek dokumen tentang portofolio mereka ada di kami. Temen-temen (wartawan) semua bisa melihat, tidak ada sama sekali bahkan serupiahpun dengan proses ini mengeluarkan biaya. Tidak ada!” Ucap Slamet.

Ia menambahkan, baru pertama kali pemilihan perangkat desa dengan tahapan-tahapan seperti ini. Untuk itu, Slamet berencana akan menerapkan ke semua desa yang ada di wilayah Kecamatan Ajung. (Minto)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top