Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Dinkes Jember Lengkapi Kelayakan Ambulan Desa

Dinkes Jember Lengkapi Kelayakan Ambulan Desa

Dinkes Jember Lengkapi Kelayakan Ambulan Desa

JEMBER (titik0km.com) Kelengkapan layak jalan puluhan ambulan desa yang sudah didistribusikan sampai saat ini terus dibenahi dan dilengkapi.
Pihak Dinas Kesehatan Pemkab Jember bahkan mengujikan kelayakan kendaraan ambulan desa tersebut pada uji Kir. Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Jember dr Siti Nurul Qomariyah mengatakan, untuk ambulan desa di Kecamatan Sukowono sudah dikumpulkan di Puskesmas Sukowono untuk dilengkapi pengurusan nomor polisi, STNK, sopir hingga uji Kir.

“Kami saat ini segera menyiapkan uji Kir, Stnk, maupun sopirnya untuk ambulan desa disana. Yang jelas ambulan desa disana tetap untuk melayani masyarakat setempat secara gratis,” kata Kadinkes dr Siti Nurul, Rabu (24/1).

Pihaknya juga menyampaikan dalam pekan ini ambulan desa di Sukowono tuntas untuk menjalani uji kir maupun kelengkapan penunjang lainnya termasuk ambulan desa yang sudah terdistribusikan di desa-desa. “Memang kemarin ambulan desa disana sudah diminta semua untuk dibawa ke puskeamas Sukowono, karena mau diuji kir,” terangnya. Untuk di Kecamatan Sukowono, ambulan desa yang sudah ada sopir dan STNK yakni ambulan desa Sumber Wringin dan Sukosari, sedangkan lainnya tengah proses percepatan.

Bupati Jember Faida bulan lalu kembali merealisasikan puluhan ambulan desa dengan spesifikasi berbagai jenis di Alun-alun Kota Jember. Program ambulan desa atau satu desa satu ambulan ini merupakan salah satu program kerja Bupati Faida Wabup Muqiet dalam memberikan hak layanan dasar kesehatan masyarakat Jember, khususnya bagi warga desa yang tidak mampu dan membutuhkan perawatan baik ke Puskesmas maupun rumah sakit daerah.

Hingga saat ini total sudah ada 195 ambulan desa yang sudah terdistribusikan ke pelosok desa-desa. Pada tahap pertama sebelumnya sudah terealisasi 50 ambulan yang dilaunching Menkumham Yasona Laoly. Selanjutnya, tahap kedua saat ini terealisasi 145 unit ambulan desa. Secara bergiliran nantinya seluruh desa atau sekitar 53 desa berikutnya di Jember akan mendapatkan ambulan desa untuk pelayanan dasar kesehatan masyarakat desa setempat.

Jika dilihat dari spesifikasi ambulan desa yang sudah terdistribusi yakni ada tiga jenis kendaraan yakni Daihatsu Luxio, Hyundai Trajet untuk medan ringan, dan Chevrolet ranger khusus untuk medan berat.
“Untuk desa yang belum dapat ambulan, maka akan kita tuntaskan pada tahun 2018 nanti. Ambulan desa ini juga diharapkan bisa sinergi dengan berbagai pihak dan bisa mendukung semua pihak jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Bupati Faida, beberapa waktu lalu. Dia menambahkan, soal penempatan ambulan desa pada dasarnya sudah ada standar operasional prosedurnya.

Namun kata dia yang jelas penempatan ambulan desa harus berada di wilayah desa setempat untuk mendekatkan layanan kesehatan masyarakat. Ambulan desa tersebut kedepan juga diharapkan bisa sigap dalam melayani warga yang sakit terutama dalam menanggulangi angka kematian ibu hamil dan anak di pedesaan. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top