Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Liputan Khusus » Dokter Kecil » Dokter Kecil Ajarkan 1500 Murid Cuci Tangan dengan Gerakan Senam

Dokter Kecil Ajarkan 1500 Murid Cuci Tangan dengan Gerakan Senam

Dokter Kecil Ajarkan 1500 Murid Cuci Tangan dengan Gerakan Senam

JEMBER (titik0km.com)Kegiatan pelatihan sehari menjadi Dokter Kecil RS Bina Sehat Jember periode bulan Oktober s/d November 2013, telah meluluskan 1500 peserta Dokter Kecil. Peserta yang berasal dari 30 sekolah di dominasi oleh PAUD, TK dan SD di Jember dan sekitarnya. Mereka juga diajarkan mencuci tangan dengan gerakan senam.

Menurut Drg. Yunita P, Manager Diklat dan Marketing Edukatif RS Bina Sehat Jember permintaan kelas pelatihan sehari menjadi dokter kecil semakin banyak dari sekolah-sekolah baik itu Paud, TK maupun SD. “Masih banyak sekolah yang merencanakan kegiatan di awal tahun 2014 karena kelas penuh sampai bulan Desember 2013,“ jelas Yunita.

Yunita juga menyampaikan bahwa ada tambahan materi baru dalam pelatihan sehari menjadi dokter kecil tersebut. Materi itu berupa pengenalan cara cuci tangan secara benar dan diajarkan melalui gerakan secara bertahap. Gerakan mencuci tangan merupakan materi praktek yang diajarkan dalam setiap kegiatan dokter kecil bersamaan dengan praktek menyikat gigi. “Ini supaya menjadi lebih menarik bagi anak-anak, gerakan mencuci tangan diajarkan melalui gerakan senam,” ujarnya.

Gerakan mencuci tangan diperkenalkan kepada anak-anak melalui gerak dan lagu. Dengan irama musik dan nyanyian diharapkan anak-anak dapat lebih mudah menghafal gerakan cuci tangan. Hal ini juga diharapkan pula dapat merangsang anak-anak untuk lebih rajin mencuci tangan.

“Perilaku hidup bersih dan sehat harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, salah satunya melalui gerakan mencuci tangan menggunakan sabun,” ujar Yunita lagi.

Kegiatan Dokter Kecil ini bisa disesuaikan dengan agenda Sekolah, apabila pihak sekolah akan mengagendakan kegiatan kapan saja, dapat menghubungi sekretariat dokter kecil RS Bina Sehat untuk dapat di Jadwalkan. “Hal ini dimaksudkan agar pendidikan kesehatan melalui kegiatan Dokter Kecil ini dapat selaras dengan kalender pendidikan yang telah di susun sekolah,” papar Yunita.

Untuk informasi dan pendaftaran kegiatan pelatihan sehari menjadi dokter kecil RS Bina Sehat dapat menghubungi drg. Yunita Puspita di 081559600681 atau dapat langsung mendaftar di sekretariat dokter kecil RS Bina Sehat di Jl. Jayanegara No. 81 Jember. (asd)

Bagikan :

Comments (23)

  • Alfiyah – Kepala Sekolah TK Dewi Masyitoh 67

    “Program dokter kecil ini sangat bagus untuk mengenalkan pada anak tentang kesehatan, juga bisa memberikan kenangan tersendiri. Anak-anak mendapatkan pengalaman karena praktek langsung. Orang tua juga sangat antusias mendampingi anak-anak dalam mengikuti pelatihan.”
    Alfiyah – Kepala Sekolah TK Dewi Masyitoh 67

    Reply
  • Laili – Wali Murid Kelompok B TK Dewi Masyitoh 67

    “Program dokter kecil tidak hanya membuat anak-anak semangat. Kami para ibu juga ikut semangat mengikutkan anak-anak kami pelatihan dokter kecil ini. Jadi ingin mengikutkan anak kami lagi.”
    Laili – Wali Murid Kelompok B TK Dewi Masyitoh 67

    Reply
  • Galih Akmal Ichan Firdausi – Murid TK Dewi Masyitoh 67

    “Sangat senang ikut dokter kecil. Bisa diajarkan cara memandikan bayi, cara menggosok gigi, cara membuat obat, dan banyak lagi. Hal yang paling aku suka adalah cara membuat obat. Sebelumnya aku bercita-cita menjadi polisi, sekarang ingin menjadi dokter.”
    Galih Akmal Ichan Firdausi – Murid TK Dewi Masyitoh 67

    Reply
  • Riski Yanuar Rista – Guru TK Amelia

    “Awalnya anak-anak takut untuk ikut pelatihan, tetapi karena keramahan petugas dan konsep pelatihan yang belajar sambil bermain, anak-anak jadi semangat. Selain itu pelatihan ini bisa mengajarkan anak-anak bagaimana merawat pasien, bagaimana gosok gigi dengan benar, cara membuat obat, dan lain-lain.”
    Riski Yanuar Rista – Guru TK Amelia

    Reply
  • Rida Astutik – Wali Murid Kelompok A TK Amelia

    “Pelatihan dokter kecil ini mampu memberikan motivasi dan semangat pada anak-anak sejak dini terutama dalam hal meraih cita-citanya. Saya tidak menyangka jika metode pelatihan dokter kecil ini dilatih secara detail, di mana setiap pekerjaan tenaga medis ada, apalagi ternyata diajarkan dengan cara praktek langsung.Tetap maju dan tetap lanjutkan program ini agar setiap anak dapat berkembang.”
    Rida Astutik – Wali Murid Kelompok A TK Amelia

    Reply
  • Aisyah Malika – Siswa Kelompok Playgroup TK Amelia

    “Aku suka saat memandikan adik (di pelatihan dokter kecil) karena aku ingin punya adik bayi dan bisa merawat adik kalau adik sakit.”
    Aisyah Malika – Siswa Kelompok Playgroup TK Amelia

    Reply
  • Dra. Yuli Pujiwati – Kepala Sekolah TK Kristen Cahaya

    “Ini merupakan pertama kalinya sekolah kami mengikut pelatihan dokter kecil. Awalnya diajak bergabung dengan TK Harapan Indah dan ternyata program ini sangat bagus sekali karena hal-hal yang diajarkan di sini sesuai dengan tema yang kami ajarkan di sekolah, seperti tema pekerjaan, kesehatan, kebersihan, diriku/cita-cita. Harapannya karena program ini sangat bagus, diperlukan adanya sosialisasi ke sekolah-sekolah, dan karena peserta sebagian besar anak-anak, alangkah lebih baik setiap pelatihan diselingi nyanyian agar peserta lebih bersemangat mengikuti pelatihan.”
    Dra. Yuli Pujiwati – Kepala Sekolah TK Kristen Cahaya

    Reply
  • Ana Retno Nurhayati – Wali Murid TK An Nur

    “Saya sangat positif dan suka terhadap program dokter kecil ini karena bagus untuk perkembangan anak dan membantu meningkatkan daya ingat anak sebab anak-anak lebih mengerti jika diajarkan secara langsung. Harapannya semoga program ini akan terus ada karena mungkin bisa memberikan gambaran pada anak-anak untuk menjadi dokter.”
    Ana Retno Nurhayati – Wali Murid TK An Nur

    Reply
  • Faqih Sihabatul Q – Murid TK Harapan Indah

    “Dokter kecil seru, bisa bermain dan diajarkan banyak hal. Tapi yang paling kusuka saat diajarkan tentang gigi dan gosok gigi.”
    Faqih Sihabatul Q – Murid TK Harapan Indah

    Reply
  • Evi Indayani – Guru PAUD Aster 45

    “Program dokter kecil ini sangat bagus untuk memberikan pengetahuan pada anak-anak tentang kesehatan. Anak-anak juga semakin tahu bagaimana tugas profesi dokter, apa saja yang ditangani oleh dokter, bagaimana cara membuat obat. Benar-benar memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak.”
    Evi Indayani – Guru PAUD Aster 45

    Reply
  • Suciati Azizah, S.HI – Guru SD Nurul Qurnain

    “Program ini sangat menarik, anak-anak diajarkan dan praktek secara langsung bagaimana cara menangani pasien sehingga memberikan pengalaman dan menambah semangat serta minat anak-anak untuk meraih cita-citanya bagi yang ingin menjadi dokter.”
    Suciati Azizah, S.HI – Guru SD Nurul Qurnain

    Reply
  • Dwi Sucianingtyas, MP – Wali Murid TK Al Irsyad Al Isylamiyyah

    “Saya sudah mengikutkan anak saya pelatihan dokter kecil untuk kedua kalinya. Anak saya sangat antusias karena cita-citanya juga ingin menjadi dokter. Dengan adanya pelatihan semacam ini mampu membantu mengeksplor kemampuan anak sehingga anak menjadi lebih tahu dan mengerti tentang kesehatan.”
    Dwi Sucianingtyas, MP – Wali Murid TK Al Irsyad Al Isylamiyyah

    Reply
  • Keisya Eve Namira (5 th) – Murid TK Al Irsyad Al Islamiyyah

    “Suka sekali ikut dokter kecil karena saya ingin menjadi dokter. Hal yang paling disuka saat diajarkan memandikan adik karena di rumah saya mempunyai banyak mainan tentang adik bayi.”
    Keisya Eve Namira (5 th) – Murid TK Al Irsyad Al Islamiyyah

    Reply
  • Siti Maisaroh, S.HI, M.PdI – Kepala Sekolah RA Ulul Albab

    “Ini kali pertama sekolah kami mengikuti Pelatihan Sehari Menjadi Dokter Kecil. Awalnya penasaran kira-kira materi apa yang akan diberikan selama pelatihan dokter kecil. Setelah tahu, ternyata bagus sekali, anak-anak senang, media penunjangnya juga lengkap sehingga dengan durasi waktu yang hanya 2 jam, anak-anak sudah mampu memahami materi yang telah diberikan.”
    Siti Maisaroh, S.HI, M.PdI – Kepala Sekolah RA Ulul Albab

    Reply
  • Drg. Trivina Hendrawati – Wali Murid RA Ulul Albab

    “Program pelatihan dokter kecil sangat bermanfaat dan bagus sekali. Para guru dan orang tua semakin terbantu untuk mendidik anak-anak menjadi anak-anak yang lebih mandiri dan bisa mengerti bagaimana menjaga kesehatan diri. Film yang diberikan juga sangat menyentuh sehingga mampu membangun ikatan emosional anak dengan orang tua dan gurunya.”
    Drg. Trivina Hendrawati – Wali Murid RA Ulul Albab

    Reply
  • Safa Nabil Fashih Rizqullah (5 th) – Murid RA Ulul Albab

    “Sangat suka mengikuti dokter kecil. Sangat senang mengikuti semua pos pelatihan, apalagi saat dilatih di bagian operasi (mengobati luka).”
    Safa Nabil Fashih Rizqullah (5 th) – Murid RA Ulul Albab

    Reply
  • Yessi Febriasandi, S.Pd – Guru Kelompok B TK Wisma Rini

    “Program pelatihan dokter kecil sangat bagus karena dapat melatih anak-anak terutama di bidang ilmu kedokteran. Selain itu anak-anak diajarkan untuk mandiri serta diajarkan juga bagaimana cara merawat orang yang sakit. Film yang ditayangkan juga sangat edukatif sekali, memberikan pengetahuan bagi anak-anak bagaimana perjuangan seorang ibu untuk melahirkan mereka. Saya juga senang saat melakukan senam cuci tangan, harapannya bisa mempelajari sehingga dapat rutin dilakukan oleh anak-anak di sekolah.”
    Yessi Febriasandi, S.Pd – Guru Kelompok B TK Wisma Rini

    Reply
  • Ika Deni – Wali Murid TK Wisma Rini

    “Pelatihan dokter kecil ini sangat bermanfaat untuk anak-anak karena dapat mengajarkan tentang medis dan ini merupakan hal yang baru untuk mereka. Dengan adanya pelatihan dokter kecil mereka jadi tahu apa saja fungsi alat-alat medis. Senam cuci tangannya sangat menarik, kalau bisa ada kasetnya, sehingga bisa dibagikan kepada orang tua maupun guru untuk rutin diajarkan pada anak-anak.”
    Ika Deni – Wali Murid TK Wisma Rini

    Reply
  • Eva Elfira – Murid TK Wisma Rini

    “Cita-citaku ingin menjadi dokter, karena itu aku sangat senang mengikuti dokter kecil, apalagi diajarkan memandikan adik bayi.”
    Eva Elfira – Murid TK Wisma Rini

    Reply
  • Sumiatun – Kepala Sekolah TK&KB Eko Proyo

    “Saya sangat bangga sekali mengikutkan anak-anak didik saya pada pelatihan dokter kecil ini. Kebetulan di sekolah ada materi tentang pekerjaan, jadi pelatihan dokter kecil ini sesuai dengan tema di sekolah karena dalam pelatihan dokter kecil ini anak-anak dikenalkan tentang pekerjaan dokter, alat-alat medis yang digunakan, makanan-makanan apa saja yang bergizi. Saya juga sangat berterima kasih atas bimbingan dan arahan pada anak-anak. Anak-anak sangat nyaman karena petugasnya baik-baik sehingga anak-anak yang awalnya selalu ingin bersama ibunya, jadi mau belajar sendiri. Untuk senam cuci tangan sangat terkesan, ingin sekali belajar gerakan senam cuci tangan sehingga dapat diajarkan secara rutin pada anak-anak di sekolah. Secara keseluruhan saya sangat senang dan kemungkinan pelatihan dokter kecil ini akan menjadi agenda tahunan sekolah kami.”
    Sumiatun – Kepala Sekolah TK&KB Eko Proyo

    Reply
  • Anis Wardiningsih – Wali Murid TK&KB Eko Proyo

    “Dokter kecil program yang bagus, mengenalkan sejak dini pada anak-anak tentang kesehatan. Film yang ditayangkan juga bagus, mampu mengajarkan pada anak-anak bagaimana saat mereka dikandung dan dilahirkan sehingga bisa menguatkan ikatan batin anak dengan orang tua.”
    Anis Wardiningsih – Wali Murid TK&KB Eko Proyo

    Reply
  • Maheswara Pramudio Gavrila – Murid TK&KB Eko Proyo

    “Cita-citaku ingin menjadi tentara, dengan ikut dokter kecil aku bisa tahu bagaimana cara menolong orang, seperti mengangkut orang dengan tandu ke mobil ambulance.”
    Maheswara Pramudio Gavrila – Murid TK&KB Eko Proyo

    Reply

Leave a Comment

Scroll to top