Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Liputan Khusus » Dokter Kecil » Edisi Khusus Dokter Kecil Untuk 2 Sekolah

Edisi Khusus Dokter Kecil Untuk 2 Sekolah

Edisi Khusus Dokter Kecil Untuk 2 Sekolah

Dokter Kecil RS Bina Sehat 1JEMBER (titik0km.com) – Pelatihan sehari menjadi dokter kecil yang dilaksanakan oleh RS Bina Sehat, pada Rabu (15/5) beberapa waktu yang lalu,  tampak beda dengan biasanya. Ya, edisi khusus pelatihan dokter kecil edisi kali ini diikuti oleh 2 sekolah yakni PAUD Harapan Bangsa Bondowoso, dengan peserta sebanyak 83 siswa dan PAUD Yasmin dari Jember dengan 40 siswa.

Karena memang dikemas edisi khusus, maka oleh panitia dalam kegiatan kali ini sengaja untuk dibuat 2 sesi acara. Untuk sesi pertama para siswa dari PAUD Harapan Bangsa Bondowoso melakukan kunjungan ke RS Bina Sehat terlebih dahulu. Sedangkan dalam waktu bersamaan PAUD Yasmin mengikuti kegiatan pelatihan dokter kecil di laboratorium mini hospital RS Bina Sehat di Jl. Jayanegara No. 81 Jember. Dan pada sesi kedua, sesaat setelah melakukan kunjungan di RS Bina Sehat PAUD Harapan Bangsa langsung melanjutkan pelatihan dokter kecil.

Untuk kunjungan PAUD Harapan Bangsa ke RS Bina Sehat sendiri dilakukan ke beberapa tempat. Mulai dari pedaftaran, klinik, laboratorium, apotek, sampai ruangan rawat inap pasien. Adapun maksud dari kunjungan ini adalah sebagai media pembelajaran untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak tentang sarana dan prasarana yang ada di Rumah Sakit serta alur pada saat pasien akan berobat.

Wajah gembira dan antusias anak-anak terlihat mulai dari awal kegiatan, baik saat kunjungan maupun dalam pelaksaan pelatihan sehari menjadi dokter kecil. Demikian juga dengan pihak guru maupun orang tua yang mengantar sangat senang bisa terlibat dalam acara ini. “Saya senang sekali dan puas dengan materinya. Anak-anak juga bisa bermain langsung dengan obyek kegiatan di Rumah Sakit,” kata Gafura Bibi, Pengelola Sekolah PAUD Harapan Bangsa Bondowoso ketika dimintai komentarnya. Bahkan dia merasa terharu ketika melihat anak didiknya yang semula takut dengan dokter atau perawat namun kali ini tampak akrab dan seperti bersahabat layaknya guru di sekolah. Gafura juga berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin oleh RS Bina Sehat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dra. Ernawati, Kepala Sekolah Laboratorium PAUD Yasmin. Menurut dia program ini sangat bagus dalam rangka mendidik anak untuk lebih mengenal tentang dunia kesehatan. Dengan alat peraga yang lengkap selama pelatihan dokter kecil menjadikan anak semakin senang dan tidak takut untuk belajar. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena siswa dapat bermain secara makro, dalam arti bisa berhadapan langsung dengan obyek. Saran kami kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin agar bisa disinergikan dengan program studi luar sekolah kami,” tegasnya dengan penuh harap.

 Terpisah, dr. Hana Nadya, koordinator dokter kecil RS Bina Sehat, menyampaikan bahwa meski dalam edisi khusus kali ini kegiatan dokter kecil dibagi menjadi 2 sesi namun tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Kerjasama yang baik antara instruktur, guru serta wali murid dalam mendampingi dan mengarahkan anak-anak menjadi kunci lancarnya kegiatan ini,” ujarnya.

 Hana menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan sehari menjadi dokter kecil ini kembali dibuka dan diselenggarakan oleh RS Bina Sehat di tahun 2013 tentunya dengan tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan pelatihan dari sekolah-sekolah yang sudah menjalin kerjasama dengan RS Bina Sehat maupun yang belum bekerjasama.

Terkait dengan informasi pelatihan sehari menjadi dokter kecil RS Bina Sehat dapat menghubungi drg. Yunita Puspitasari di nomor 081559600681 atau bisa juga datang langsung ke RS Bina Sehat Jl. Jayanegara No. 7 Jember telp (0331) 422701. (fid)

Bagikan :

Comments (12)

Leave a Comment

Scroll to top