Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Hindari ada Pemotongan, Honor RT/RW Diberikan Lewat Rekening Langsung

Hindari ada Pemotongan, Honor RT/RW Diberikan Lewat Rekening Langsung

Hindari ada Pemotongan, Honor RT/RW Diberikan Lewat Rekening Langsung

Jember (titik0km.com) – Bupati Jember dr. Hj. Faida melakkan perubahan sistem pemberian insentif honor ketua RT/RW, jika sebelumnya honor RT/RW diberikan secara cash money lewat kampung-kampung, untuk tahun 2017 pembayaran honor insentif diberikan secara langsung ke rekening masing-masing RT dan RW, disamping untuk memudahkan pembayaran juga untuk menghindari adanya pemotongan-pemotongan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

“Zaman sudah modern, sudah bukan eranya lagi honor RT RW diberikan secara manual, mulai tahun ini, honor diberikan secara langsung ke masing-masing rekening RT/RW, disamping memudahkan penerima juga menghindari adanya potongan-potongan serta agar dalam penerimaan bisa bersama-sama, sudah honornya kecil masih dipotong, oleh karenanya tahun ini Pemkab membuatkan rekening untuk seluruh RT dan RW di Jember,” ujar Bupati Jember dr. HJ. Faida MMR saat menyerahkan rekening secara simbolis kepada ketua RT dan RW yang digelar di lapangan Scaba Rindam V Brawijaya Senin (4/12/2017).

Bupati menambahkan, honor yang diterima oleh ketua RT dan RW pada tahun ini dinaikkan, jika tahun 2016 ketua RT RW mendapat honor setiap 3 bulan sekali sebesar 150 ribu, pada tahun 2017 dinaikkan menjadi 200 ribu, “Honor yang diterima sekarang dinaikkan dari 150 ribu menjadi 200 ribu, dan kedepan akan dinaikkan lagi menjadi 250 ribu,” ujar Faida.

Pemberian Honor secara simbolis ini dihadiri oleh 4.119 ketua RT dan RW dari 8 kecamatan yang melipuri Arjasa, Sukowono, Mumbulsari, Pakusari, Jelbuk, Sumbersari, Patrang dan Kaliwates ini, Faida meminta agar ketua RT dan RW mau membuat Komitmen dengan membantu pemerintah dalam mendata penerima raskin, janda, orang tua jompo, kaum difabel dan anak yatim secara benar.

“Kami minta kesanggupan pada ketua RT RW untuk mendata bagi yang masih belum terdata dalam penerimaan beras rastra, dan bagi anak yatim dan piatu serta kaum difabel untuk mendapatkan bagian dari 5000 beasiswa,” ujar Faida.

Selebihnya, Bupati mengajak kepada ketua RT dan RW untuk ikut mengawasi proyek program Pemkab yang sedang berjalan dan mau melaporkan atau menyampaikan keluhan warga langsung ke Pendopo.

Sementara Teguh salah satu pengurus RW dari Lingkungan Kebondalem Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates kepada media ini mengatakan bahwa dirinya sangat berterima kasih kepada bupati yang telah memberi honor langsung ke rekeningnya, dan ini merupakan kebijakan yang sangat bagus.

“Dibagikannya buku rekening pada rt rw langsung, merupakan kebijakan sangat bagus dari sebelumnya, untuk menghindari potongan atau pungli diluar pajak, dan juga memudahkan kami mengambilnya,” ujar Teguh. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top