Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Jember Menuju Smart City Bersama 50 Kota Lainnya di Indonesia

Jember Menuju Smart City Bersama 50 Kota Lainnya di Indonesia

Jember Menuju Smart City Bersama 50 Kota Lainnya di Indonesia

Jember (titik0km.com) – Kabupaten Jember tahun 2018 menuju Smart City (kota pintar atau kota cerdas), hal tersebut berdasarkan asesmen yang dilakukan Direktorat E-Goverment Kementerian Kominfo pada awal tahun, “Jember dipilih bersama dengan 8 kota lainnya di Jawa Timur setelah kami melakukan asesmen terhadap 100 kota di seluruh Indonesia, dan tahun ini diambil 50 kabupaten termasuk Jember,” kata DR. Hasyim Gautama Kepala Subdirektorat Layanan Kepemerintahan Kementerian Kominfo pada acara Sosialisai dan Bimtek Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Jember di Pendapa Wahyawibawa Graha, Senin (9/7/2018).

Hasyim menjelaskan smart city merupakan wujud pemerintah dalam memenuhi keinginan masyarakat dan tuntutan di era digital akan kebutuhan sebuah informasi, sedangkan kota atau kabupaten yang bisa diasesmen untuk menjadi kota yang menuju smart city banyak yang harus dilalui dan dipenuhi, diantaranya infrastruktur yang mendukung dan memadai, Sumber Daya Manusia (SDM) nya yang mumpuni, serta anggaran.

“Jember dipilih untuk dijadikan pilot project menuju smart city karena banyak faktor yang mendukung,  salah satunya infrastruktur, SDM, dan Anggaran di APBD yang terpenuhi, atas dasar inilah Jember dipilih,” ujar Hasyim.

Hasyim menjelaskan, konsep Smart City (kota cerdas) ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, seperti melihat arus lalu lintas,  keamanan serta lokasi lokasi yang dibutuhkan masyarakat melalui sebuah Aplikasi.

“Untuk pengelolaanya dalam menyajikan informasi ini dibutuhkan SDM yang mumpuni dan paham dengan IT, selain itu juga dibutuhkan peralatan yang cukup, di kota kota yang sudah menerapkan smart city,  tanggung jawabnya di Infokom,” ujar Hasyim.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Jember Ir. Mirfano yang membuka acara tersebut mengatakan bahwa Jember sudah menyiapkan proses menuju Smart City (kota cerdas) sejak tahun 2017, karena untuk menjadi kota yang Smart dibutuhkan persiapan-persiapan yang matang dan bertahap.

“Untuk menuju Smart City, kita sudah jauh jauh hari menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan,  terutama untuk servernya, untuk server kita sudah menyiapkan sejak tahun kemarin, dan saat ini tinggal memberikan bimbingan kepada SDM nya, Insya Alloh secepatnya akan segera terealisasi,” ujar Mirfano.

Acara bimbingan teknis ini sendiri diikuti oleh tenaga IT yang ada diseluruh organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jember, “Tenaga-tenaga IT ini nanti akan menghubungkan komputernya dengan server yang ada di Dinas Infokom untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat,” pungkas Mirfano.  (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top