Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Kodim 0824 Jember Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Lewat Pramuka Saka Wira Kartika

Kodim 0824 Jember Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Lewat Pramuka Saka Wira Kartika

Kodim 0824 Jember Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Lewat Pramuka Saka Wira Kartika

JEMBER (titik0km.com) – Wawasan kebangsaan untuk pelajar menjadi tanggung jawab bersama, oleh karenanya Minggu (24/9/2017) melalui Koramil 0824/25 Jenggawah, Kodim 0824 Jember memberikan pembekalan melalui Satuan Karya (Saka) Wira Kartika kepada 40 siswa-siswa asal SMA Negeri 1 Jenggawah.

Seperti pada kegiatan pramuka pada umumnya, dalam memperkenalkan Saka Wira Kartika yang berada di bawah pembinaan TNI AD ini, pembekalan ini meliputi teori lapangan seperti baris berbaris dan teori ruanganan mengenani wawasan kebangsaan.

“Kami menugaskan 3 personil dari Koramil Jenggawah untuk menjadi pembina dalam pramuka Saka Wira Kartika yang diikuti oleh adik-adik dari SMA Negeri 1 Jenggawah, dengan kegiatan ini, diharapkan generasi bangsa lebih tahu arti kebangsaan, serta membentuk karakter, kedisiplinan serta wawasan,” ujar Danramil Jenggawah Kapten. Inf. Ismianto.

Ismianto menambahkan, bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan membuka pendaftaran anggota baru untuk Pramuka Saka Wira Kartika, “Saat ini kami awali dulu dengan 40 siswa dari SMA Negeri 1 Jenggawah, kedepan tentunya kami akan melakukan pelantikan anggota baru, tinggal koordinasi dengan Kwartir dan sekolah-sekolah yang ada di Jenggawah,” ujar Ismianto.

Ridwan salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut menyatakan bahwa dirinya bersama kawan-kawan ini senang sekali mengikuti kegiatan seperti ini dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan dari luar sekolah. “Sebagai generasi muda kita harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup serta wawasan yang luas dalam menatap masa depan, yang terpenting bagaimana kita melatih disiplin, dan di Pramuka seperti ini, kita bisa belajar,” ujarnya.

Terkai dengan kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat dikonfirmasi sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh jajarannya tersebut, bahkan dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh Danramil di Jember untuk melakukan pembinaan secara instensif kepada generasi muda termasuk dengan perekrutan anggota baru Pramuka Saka Wira Kartika. “Karena generasi muda adalah aset bangsa yang menentukan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia dimasa mendatang dan harus kita selamatkan,” ujar Dandim Jember Letkol. Inf. Rudianto.

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top