Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Wisata » Info Wisata » Kunjungi Situs Bersejarah Masjid Jin Di Mekkah

Kunjungi Situs Bersejarah Masjid Jin Di Mekkah

Kunjungi Situs Bersejarah Masjid Jin Di Mekkah

Masjid Jin MEKKAH (titik0km.com) – Jika di Madinah ada beberapa situs bersejarah, berupa sebuah masjid yang ada sejak zaman Nabi Muhammad seperti Masjid Quba’ dan Masjid Qiblatain. Di Mekkah juga ada masjid yang memiliki nilai historis dalam awal peradaban Islam, yakni Masjid Jin. Dilaporkan langsung dari Mekkah al Mukarramah Saudi Arabia, oleh kontributor lepas titik0km.com, Iqbal Kholidi.

Masjid Jin berada di daerah Sulaimaniyah, masih di kawasan Tanah Suci Mekkah Al Mukarramah, dan berdekatan dengan pemakaman Ma’la, sebuah lokasi di Mekkah terdapat makam ulama dari Indonesia. Posisi Masjid Jin bila ditempuh dari arah Masjidil Haram, sejauh ±800m ke arah utara.

Bila hendak menuju Masjid Jin menggunakan taksi, hanya membayar ongkos naik Taxi sebesar 10-15 riyal dari Masjidil Haram, karena cukup dekat.

Dalam sejarahnya penamaan Masjid Jin  terkait dengan sebuah peristiwa penting yang berkaitan dengan bangsa Jin dan dakwah Islam pada masa Nabi Muhammad SAW.

Dalam Masjid JinPeristiwa tersebut ditandai dengan serombongan jin yang masuk Islam, setelah mendengar dan menghayati lantunan ayat-ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Ssaat setelah mendengar lantunan tersebut, kemudian para Jin berbaiat atau berjanji setia untuk beriman kepada Allah SWT, dan kemudian mengikuti ajaran Islam, serta menyebarkan agama Allah di kalangan mereka. Peristiwa besar ini diungkapkan oleh Allah SWT dalam Alquran surat Al-Ahqaf ayat 29-32.

Berbeda dengan Masjid Abu Bakar, Masjid Ali bin Abi Thalib, Masjid Umar bin Khattab di Madinah yang hanya difungsikan sebagai monumen semata, Masjid Jin hingga kini masih berfungsi serta digunakan untuk ibadah sholat 5 waktu termasuk sholat Jum’at.

Masjid dengan 2 lantai ini mampu menampung ±300 orang. Lantai 1 untuk kaum Muslimin, lantai 2 untuk menampung Muslimat. Uniknya Masjid Jin yang direnovasi terakhir kalinya pada tahun 1421 Hijriyah, menyediakan minuman dingin dalam kulkas untuk dinikmati jamaah yang beribadah di situ.

Prasasti di masjid JinLantai Masjid Jin berlapisi karpet tebal halus dan ruangan menggunakan air conditioner, membuat suasana Masjid Jin makin nyaman. Di luar jam waktu sholat, masjid ini banyak di kunjungi wisatawan Jamaah Umroh dari berbagai mancanegara. (mjl)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top