Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Inspirasi » Mau Melahirkan, Ibu Muda di Rujuk ke Rumah Sakit Gunakan Truk Tebu

Mau Melahirkan, Ibu Muda di Rujuk ke Rumah Sakit Gunakan Truk Tebu

Mau Melahirkan, Ibu Muda di Rujuk ke Rumah Sakit Gunakan Truk Tebu

JEMBER (titik0km.com) – Sri Wahyuni, ibu muda asal Desa Nogosari Rambipuji Jember, harus berjuang untuk bisa melahirkan putranya yang pertama, sayangnya usaha untuk bisa melahirkan secara normal seperti ibu-ibu pada umumnya terkendala, proses persalinan yang ditangani oleh Bidan Desa Erwin Ursuliatin Minggu (17/9/2017) pagi terhenti saat sudah memasuki pembukaan empat, dengan keterbatasan sarana, beberapa tetangganya langsung mencegat truk tebu yang kebetulan lewat untuk membawa pasien ke Rumah Sakit Daerah Balung.

“Tadi saat proses persalinan berhenti saat buka empat, daripada terjadi apa-apa dengan ibu dan bayinya, serta tidak adanya kendaraan di sekitar rumah pasien, terpaksa saya carikan truk tebu yang kebetulan untuk membawa ke rumah sakit Balung,” ujar Nugroho.

Dengan segala usaha yang dilakukan oleh bidan dan tetangga pasien, istri dari Irwan ini bisa dilarikan ke rumah sakit Daerah Balung Jember dengan menggunakan truk tebu, untuk mendapatkan penanganan.

Guna menghindari hal-hal darurat seperti ini kedepannya, terutama untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi, pemerintah kabupaten Jember telah mengupayakan untuk menyediakan 1 Ambulan untuk 1 Desa, meski Ambulan untuk desa sudah datang di Jember, namun proses pendistribusiannya masih menunggu proses lelang.

“Mudah-mudahan proses lelang dan pendistribusian ambulan untuk desa segera terlaksana, namun karena saat ini baru ada 18 ambulan untuk medan datar, dan yang akan mendapat perioritas dari ambulan ini adalah desa yang tingkat kematian bayi dan ibu hamil tinggi, dan 10 ambulan lagi yang akan datang untuk medan sulit dengan spesifikasi double guardian, doakan mudah-mudahan lancar,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jember dr. Hj. Nurul Qomariah. (AL1/MJL)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top