Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Wisata » Info Wisata » Muara Getem Spot Memancing yang Layak Dicoba Mancing Mania

Muara Getem Spot Memancing yang Layak Dicoba Mancing Mania

Muara Getem Spot Memancing yang Layak Dicoba Mancing Mania

JEMBER (titik0km.com) – Bagi para mancing mania atau penghobi pancing di wilayah Jember, mendengar nama Getem sudah bukan sesuatu yang aneh mendengar nama yang unik tersebut. Pasalnya Getem merupakan salah satu spot favorit untuk memancing para mancing mania dari Jember dan Lumajang. Boleh jadi karena Getem terkenal dengan spot mancing yang keren, akan tetapi banyak dari para mancing mania jarang atau bahkan tidak tahu bahwa sesungguhnya daerah Getem ini memiliki nilai historis yang cukup unik.

Getem sendiri adalah sebuah sungai yang mengalir di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Puger dan Gumukmas, Jember, Jawa Timur. Pada bagian Timur sungai ini terletak Desa Mojomulyo Kecamatan Puger dan bagian Barat terletak Dusun Kalimalang, yang juga merupakan bagian dari Kecamatan Gumukmas. Muara Sungai Getem sendiri terletak di bibir pantai selatan yang langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia. Aliran Sungai ini lambat laun dikenal sebagai daerah yang disebut Getem.

Jauh pada abad ke-19, Sungai Getem sendiri telah menjadi sorotan dunia internasional atau bahkan jauh sebelum. Hal ini dibuktikan dengan adanya peta dari Melvill Van Carnbe 1853  – 1862 yang mengidentifikasikan Rivier Getem (atau Sungai Getem). Peta ini merupakan bagian dari peta tentang Residentie Besoeki dan Residentie Banyuwangi.

Informasi lain tentang Getem pada abad ke-19 juga ditemukan dalam Panduan bagi pelaut The India directory, or, Directions for sailing to and from the East Indies, China, Australia and the interjacent ports of Africa and South America yang diterbitkan di kota London oleh penerbit WM. H. Allen & CO pada tahun 1852.

Direktori yang diterbitkan pada tahun 1852 memberi informasi umum tentang kondisi daerah Sungai Getem. Pantai yang menjadi muara Sungai Getem berbentuk teluk, berbatu, berpasir, serta mengandung terumbu di bawah air, yang menjadi habitat bagi ikan karang favorit para mancing mania tentunya.

Keterangan dalam direktori di atas menjelas Sungai Getem merupakan salah wide entrances (pintu masuk yang besar) dengan air yang bagus. Secara umum sungai ini menjadi tempat pendaratan yang aktif. Artinya muara Sungai Getem sendiri merupakan pelabuhan pada saat keterangan dari direktori tersebut diungkapkan.

Nah, sebenarnya Getem sendiri jika ingin dikembangkan juga bisa menajdi pelabuhan samudra karena dua keterangan di atas mengindikasikan bahwa Muara Sungai Getem pada abad ke 19 pernah digunakan sebagai pelabuhan, selain di Puger.

Pingin mencoba sensasi Muara Sungai Getem untuk memancing? Sepertinya harus segera mencoba, bisa jadi spot mancing yang satu ini akan hilang jika suatu saat Getem menjadi pelabuhan samudra, dan menjadi gerbang Jember untuk Samudra Indonesia. (ysh/asd)

———————
Catatan Kaki :
1. Kalimalang mengacu pada sungai yang melintang atau menghalangi jalan.
2. Melvill van Carnbee, P. (Pieter), Baron, 1815 – 1856, Algemeene Atlas Van Nederlandsch Indie [Cartographic Material]: Uit Officieele Bronnen En Met Goedkeuring Van Het Gouvernement Zamengesteld 1853 – 1862 MAP Ra 310. Part.31.
3. The India directory, or, Directions for sailing to and from the East Indies, China, Australia and the interjacent ports of Africa and South America yang diterbitkan di kota London oleh penerbit WM. H. Allen & CO pada tahun 1852, hal. 135.

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top