Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Pemkab Jember Bentuk Karakter Siswa Melalui 1 Sekolah 1 TNI

Pemkab Jember Bentuk Karakter Siswa Melalui 1 Sekolah 1 TNI

Pemkab Jember Bentuk Karakter Siswa Melalui 1 Sekolah 1 TNI

Jember (titik0km) – Progran 1 sekolah 1 TNI yang digagas Pemerintah Kabupaten Jember akan menjadi satu satunya Kabupaten yang menerapkan sistem pendidikan dengan melibatkan TNI, dengan keterlibatan TNI dalam dunia Pendidikan, Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR berharap generasi muda di Jember lebih berkarakter.
“Saat saya menyampaikan ide dan gagasan dihadapan Panglima dan Kemendagri, sempat ada keraguan, namun ketika kami jelaskan system dan pola pengajaran dan pendidikan, beliau menyambut baik dan menunggu hasil dari gagasan ini, jika ini berhasil, maka tidak menutup kemungkinan pendidikan di seluruh Indonesia akan menerapkan hal ini,” ujar Bupati Jember dihadapan kepala sekolah dan Babinsa se Kabupaten Jember.
Faida menjelaskan bahwa dengan melibatkab TNI dalam dunia pendidikan, masyarakat supaya tidak tidak berpikir negatif, meskipun melibatkan TNI dalam dunia pendidikan, bukan berarti akan diterapkan pendidikan semi militer, tapi lebih pada melatih disiplin anak didik.
“Keterlibatan TNI dalam dunia pendidikan di Jember, bukan berarti pendidikannya semi militer, tapi lebih menekankan pada melatih siswa untuk lebih berkarakter serta disiplin,” beber Bupati.
Dengan adanya program ini, bupati berharap kedepan siswa lebih disiplin, untuk melihat hasil awal dari program 1 sekolah 1 TNI, pemkab akan menggelar festival baris berbaris yang disertai seni dan koreografer.
Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol. Inf. Arif Munawar pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa keterlibatan TNI dalam dunia pendidikan di Jember sebatas untuk melatih siswa memiliki karakter, bukan pendidikan ala militer, jadi masyarakat tidak perlu merasa takut dan khawatir.
“Keterlibatan TNI ini hanya untuk membentuk karakter siswa serta melatih disiplin bukan hanya baris berbaris saja serta bukan pendidikan ala militer,” terang Dandim.
Program 1 sekolah 1 TNI ini sendiri akan dimulai pada 22 April nanti, saat ini pihaknya sudah mulai menyiapkan silabus dan personil, sehingga selama 3 hari kedepan Dandim 0824 Jember akan memberikan pembekalan kepada seluruh personil Babinsa.
“Seluruh sekolah mulai tingkat SD hingga SMA baik negeri maupun swasta akan mengikuti program ini, jika personil dari Kodim kurang, kami akan melibatkan dari satuan lain soerti Armed 8, Scaba, batalyon yang ada di Jember maupun Brigif,” pungkas Dandim. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top