Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Pemkab Jember dan PTPN XII akan Kembangkan Sektor Ekonomi dan Wisata Edukasi

Pemkab Jember dan PTPN XII akan Kembangkan Sektor Ekonomi dan Wisata Edukasi

Pemkab Jember dan PTPN XII akan Kembangkan Sektor Ekonomi dan Wisata Edukasi

Jember (titik0km.com) – Sinergitas Pemkab Jember dengan PTPN XII di sektor Ekonomi dan Wisata akan terus dikembangkan, selain Bandara Notohadinegoro yang akan terus digenjot pengembangannya dan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Jember, pada tahun 2018 sektor Pariwisata juga akan di garap lebih serius lagi dengan konsep wisata edukasi.

“Sinergitas antara Pemkab Jember, PTPN XII dan angkasa pura sudah cukup baik, terutama dalam pengelolaan bandara yang akan jadi sub embarkasi bandara haji, begitu kerjasama soal wisata, saya berharap banyaknya aset dan komoditas milik PTPN XII di Jember ini juga bisa memberikan wisata edukasi, selain wisata religi yang di kembangkan pemkab Jember,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR dalam acara Halal bi Halal keluarga Besar PTPN XII Sabtu (23/6/2018) di Gedung Serba Guna.

Faida mengatakan bahwa sektor wisata yang dikembangkan di Jember tidak bisa disamakan dengan Bali maupun kabupaten lainnya, Jember harus memiliki icon tersendiri, apalagi satu-satunya pusat penelitian Kokao (Kopi dan Kakao) di Indonesia yang juga milik PTPN XII juga ada di Jember. “Puslit Kokao milik PTPN XII satu satunya di Indonesia ada di Jember, ini merupakan potensi tersendiri yang bisa di maksimalkan dalam menunjang wisata edukasi,” tambah Faida.

Sementara Ir. Berlino Mahendra Santoso selaku Dirut PTPN XII tertantang dengan konsep yang disampaikan Bupati, menurutnya pihak PTPN XII akan mengembangkan sektor wisata terutama wisata edukasi, maupun pengembangan bandara Notohadinegoro.

“Untuk sektor wisata seperti yang disampaikan Bupati Jember, kami sudah sangat sepakat, bahkan saat ini kami pihak PTPN XII sudah menggagas untuk membuat dusun Kakao yang kedua dan akan kami tempatkan di Jember setelah yang pertama kami gagas di Banyuwangi, apalagi di Jember ada 12 ribu hektar lebih lahan PTPN XII, dan tentu ini akan kami maksimalkan, ” ujar Berliano.

Hal yang sama juga disampaikan oleh H. Muhammad Riza Aziziy selaku pengasuh pondok pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi yang juga hadir pada acara tersebut, menurutnya potensi wisata di Jember sangat bagus dan terbuka lebar untuk bisa dikembangkan, apalagi banyak fasilitas umum dan kantor perwakilan pusat yang ada di Jember.

“Wisata di Jember sangat bagus untuk dikembangkan, apalagi kantor perwakilan beberapa perusahaan baik BUMN maupun swasta ada di Jember, hal ini tentu sangat mendukung sekali, ditambah lagi bandara Jember juga akan segera menjadi sub bandara embarkasi haji dan umroh, harapan saya untuk bandara Jember bisa lebih dari sekedar menjadi sub embarkasi haji dan umroh, tapi bisa melayani penerbangan Jember Jakarta,” pungkas Gus Riza panggilan HM. Riza Aziziy. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top