Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Pemkab Jember Gelar Sosialisasi Pentingnya Karang Werda, Sebagai Wujud Memuliakan Lansia

Pemkab Jember Gelar Sosialisasi Pentingnya Karang Werda, Sebagai Wujud Memuliakan Lansia

Pemkab Jember Gelar Sosialisasi Pentingnya Karang Werda, Sebagai Wujud Memuliakan Lansia

JEMBER (titik0km.com) – Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, Selasa (7/11/2017) melalui Dinas Sosial mengumpulkan ketua  PKK tingkat desa dan Kelurahan di Pendopo Wahya Wibawagraha, tujuan dari dikumpulkannya sejumlah ketua PKK tingkat Desa dan Kelurahan, untuk mengikuti sosialisasi dan pembentukan Karang Werda serta mengoptimalisasi karang werda yang potensial dan tidak potensial.

Meningat di Jember sendiri penduduk yang masuk pada usia lansia yaitu usia diatas 60 tahun sesuai data dari Dinas Sosial ada sekitar 10,9% atau 200 ribu lebih warga, dengan jumlah yang cukup besar, Selasa (7/11/2017) Dinas Sosial bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember memberikan sosialisasi pembentukan Karang Werda di setiap Desa dan Kelurahan.

“Jumlah lansia di Jember tergolong cukup besar, ada sekita 10,9 persen atau sekitar 200 ribu lebih penduduk di Jember masuk dalam kategori lansia dengan usia di atas 60 tahun, dengan banyak lansia tersebut, pemerintah perlu memberikan penyuluhan dan sosiaslisasi kepada ibu-ibu PKK di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan tentang pentingnya wadah untuk lansia berupa Karang Werda,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR usai membuka acara sosialisasi Karang Werda di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember.

Dengan dibentuknya Karang Werda di setiap desa atau kelurahan, diharapkan para lansia bisa mendapatkan perhatian, baik dari sisi Kesehatan, Sosial, Ekonomi, bantuan dan juga tempat untuk interaksi dan pelatihan-pelatihan, sehingga lansia di Jember memiliki kegiatan yang produktif.

“Lansia itu dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Potensial dan tidak potensial, dimana keberadaan lansia kelompok potensial kalau tidak diberdayakan akan menjadi masalah tersendiri di kemudian hari, begitu juga dengan lansia yang tidak potensial, oleh karena itu, dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi lansia,” tambah Faida.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Pemkab Jember akan memberikan fasilitas sarana prasarana di setiap area publik untuk lansia, baik itu di alun-alun atau di setiap desa, “Mulai dari desa, harus ada sarana prasarana untuk para lansia, ada tempat untuk bertemu dengan temannya semasa muda, maupun tempat untuk berdiskusi, karena lansia akan senang ketika bertemu dengan sebayanya, dengan adanya Karang Werda, mereka akan tau kemana bisa bertemu dengan temannya,” tambah Faida.

Sebanyak 248 desa dan kelurahan dari 31 kecamatan di kabupaten Jember, tidak semua desa memiliki Karang Werda atau sarana untuk lansia, ada yang lebih dan ada yang belum memiliki pengurus Karang Werda sama sekali.

“Untuk kecamatan yang belum memiliki Karang Werda harus segera membentuk, idealnya satu desa satu karang werda, jangan kurang dan jangan lebih, sehingga pendampingan maupun pengelolaan karang werda bisa optimal,” pungkas Faida. (ali/mjl)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top