Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Peringati Halun, Pemkab Gelar Senam Massal

Peringati Halun, Pemkab Gelar Senam Massal

Peringati Halun, Pemkab Gelar Senam Massal

Jember (titik0km.com)  – Juli merupakan bulan lahirnya Pancasila, selama satu bulan serangkaian kegiatan dengan tema Pancasila digelar Pemkab Jember, Sabtu (30/6/2019) untuk menandai berakhirnya bulan Pancasila, Pemkab Jember menggelar senam lansia yang diikuti oleh sedikitnya 2000 lansia dari berbagai kecamatan yang ada di Jember.

“Hari ini merupakan Hari Lansia sekaligus menutup serangkaian kegiatan bulan lansia, sehingga momentum pada Hari Lansia kali ini kita mengambil tema Lansia Bersatu, Lansia BerbagI dan Lansia Berbagi, dan kita lihat sendiri ada 2000 lansia yang hari ini hadir ditengah-tengah kita dengan ikut senam bersama, ini menunjukkan kalau lansia di Jember masih produktif dan aktif,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, bupati berpesan kepada masyarakat, di eranya sebagai generasi dan pelaku saat ini, perlu mencontoh suri tauladan para lansia yang masih sehat, dan produktif, terutama untuk generasi muda yang akan menjadi pemimpin negeri masa mendatang.

“Kita sebagai pelaku saat ini , sudah sepatutnya mencontoh dan malu dengan orang tua kita yang ada di antara kita saat ini, beliau-beliau masih produktif dan sehat, tempatkan orang tua kita para lansia yang ada di sekitar kita untuk memberikan arahan-arahan kepada kita, kita harus belajar dari mereka semua, karena banyak lansia yang hadir disini masih mendedikasikan hidupnya untuk kepentingan bangsa,” ujar Bupati.

Jember yang 20 persen penduduknya berusia lanjut, tentu harus diberdayakan dengan diajak rembuk untuk memajukan Jember, karena peran orang tua masih dibutuhkan untuk memberikan arahan dan masukan, Bupati juga mengambil contoh pemilu di Malaysia, dimana lansia di negeri tersebut berhasil mengarahkan pemudanya untuk memilih pemimpin yang bisa membawa kemajuan negerinya, hal ini menunjukkan kalau lansia tidak boleh ditinggalkan tapi harus dilibatkan untuk dimintai saran dan arahan serta pendapat.

“Belajar dari pemilu di Malaysia, para lansia di sana berhasil mengarahkan pemudanya untuk andil dalam demokrasi dengan memilih pemimpin yang bisa membawa kemajuan negerinya, bahkan saya kadang terharu dan tanpa disadari apa yang kita perbuat selama ini jauh dari apa yang sudah dilakukan oleh orang tua kita, saya sendiri kadang tidak sempat menjenguk orang tua, tapi justru orang tua saya yang sering menjenguk ke saya, ini bukti bahwa kekuatan orang tua ada untuk anak-anaknya,” ujar Bupati Jember yang terlihat menahan haru karena menyampaikan sambutan di hadapan ibunya sendiri Hj. Widad Thalib

Selain melakukan senam bersama, Pemkab Jember juga memberikan penghargaan kepada para maestro lansia yang masih produktif dan aktif di usianya yang sudah tidak muda lagi, sedikitnya ada 13 lansia yang mendapatkan penghargaan dari Bupati Jember, mereka terdiri dari berbagai profesi mulai dari Dokter, olahragawan dan juga usahawan.

“Produktifitas mereka layak kita contoh, seperti dokter Endang dan dokter Suhadi, saya yakin di usia beliau yang sudah lebih dari 70 tahun dan mendedikasikan keahliannya lebih dari 53 tahun dengan melayani pasien, tentu bukan karena faktor ekonomi, tapi karena memang pengabdian dan ingin tetap memberi manfaat untuk masyarakat, tadi juga ada bapak Trimono selama 64 tahun menjadi tukang sol sepatu dan menghidupi keluarganya secara mandiri, mereka semua adalah pahlawan bagi keluarganya yang harus di tiru,” pungkas Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top