Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Ratusan Warga Mafaatkan Layanan Dispendukcapil di Acara Jalan Sehat

Ratusan Warga Mafaatkan Layanan Dispendukcapil di Acara Jalan Sehat

Ratusan Warga Mafaatkan Layanan Dispendukcapil di Acara Jalan Sehat

JEMBER (titik0km.com) – Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Jember dalam kegiatan Jalan Sehat yang digelar oleh Komunitas Warga Balung bersama dengan Dira Shoping Balung pada Minggu (4/2/2018) dan diikuti oleh ribuan peserta ini tidak disiasiakan oleh ratusan warga untuk mendapatkan layanan kepengurusan adminduknya, seperti pembuatan KK, e-KTP, maupun KIA.

 

“Karena kami ingin mendekatkan layanan, sehingga kami selalu siap jika diminta menyediakan stand layanan di setiap acara yang diikuti oleh banyak warga,” ucap Plt Kepala Dispendukcapil Jember, Sri Wahyuniati, di lokasi kegiatan, Minggu (4/2/2018).

 

Menurutnya, di stand layanan on the spot ini, Dispendukcapil melayani semua kebutuhan adminduk, mulai dari perekaman KTP Elektronik, pembuatan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP El, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran. Semua layanan tersebut, sambung Yuni, disediakan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

 

“Layanan di tempat atau on the spot ini juga untuk meminimalisir pungli (pungutan liar) dalam mengurus adminduk. Komitmen memberantas pungli tersebut terus kami gelorakan karena hal itu sesuai dengan instruksi Bupati Faida,” jelas Yuni.

 

Owner Dira Grup, Ponimin Tohari, mengapresiasi komitmen Dispendukcapil untuk melayani warga di Balung. Pada kegiatan jalan sehat kali ini, dirinya dan panitia memang sengaja menghadirkan layanan on the spot Dispendukcapil, agar peserta yang ikut acara bisa memanfaatkan layanan kependudukan dan tak perlu jauh-jauh ke kantor dispenduk yang berada di pusat kota kabupaten.

 

“Jadi para peserta bisa mendapatkan banyak manfaat. Selain sehat karena berolahraga, peserta juga bisa mendapat beragam hadiah dan layanan kependudukan. Tak hanya peserta, warga lain yang ada di wilayah Balung dan sekitarnya juga bisa memanfaatkan layanan tersebut,” tuturnya.

 

Lebih lanjut Ponimin berharap, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan dalam momen jalan sehat kali ini saja, tetapi juga digelar secara periodik di Dira Shopping Center Balung. Tujuannya, agar masyarakat di wilayah Kecamatan Balung dan sekitarnya semakin mudah dalam mengurus adminduk.

 

“Bila diperlukan kami siap membantu menyediakan tempat bagi layanan adminduk di Dira Shopping Center Balung. Kami sediakan tempat khusus untuk layanan tersebut,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Slamet, salah seorang warga yang menjadi peserta jalan sehat, mengaku senang dengan disediakannya layanan adminduk di momen ini. Karena menurut dia, selain bisa mengisi liburan untuk berolahraga bersama keluarga, dirinya juga dapat mengakses layanan itu secara gratis.

 

“Saya tadi mengurus KIA untuk anak saya. Jadi sehabis berolahraga saya ikut antre dari pada jauh-jauh ke kota. Menurut saya layanan ini sangat membantu. Dan akan lebih baik lagi, jika layanan ini juga disediakan secara berkala di Dira Balung. Misalnya di hari libur atau hari Minggu seperti saat ini,” harapnya. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top