Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Satlantas Polres Jember Perluas Area Ujian Praktek SIM

Satlantas Polres Jember Perluas Area Ujian Praktek SIM

Satlantas Polres Jember Perluas Area Ujian Praktek SIM

JEMBER (titik0km.com) – Area untuk ujian praktek bagi pemohon SIM di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jember, mulai Jumat (2/6/2017) dipindah, pemohon SIM tidak lagi harus menunggu lama saat melakukan ujian praktek, “Satlantas polres Jember sangat kreatif menyulap lahan yang semula berupa rawa-rawa dan tempat rongsokan mobil-mobil bekas laka, dengan dijadikan sebagai lahan untuk ujian praktek pemohon SIM, sehingga area praktek semakin luas,” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo yang didampingi Kasatlantas AKP. Nopta Histariz Suzan. SIK saat peresmian Jumat pagi.

Kapolres menambahkan, bahwa area ujian praktek SIM yang baru semakin luas dan bisa mengurangi antrian pemohon saat hendak ujian praktek, sedangkan area yang lama akan dijadikan tempat parkir dan menampung kendaraan hasil operasi. Tidak hanya itu, dengan area ujian praktek yang baru, pemohon SIM C maupun SIM A bisa praktek secara bersama sama dan tidak perlu bergantian seperti selama ini.

“Dengan perluasan area ujian praktek ini, peserta ujian praktek SIM tidak perlu menunggu dan bergantian, tapi bisa secara bersama-sama, sehingga meskipun ujian poraktek dibatasi sampai jam 12, jajaran  Satlantas bisa melayani 30 pemohon bahkan bisa sampai 40 pemohon, jika sebelumnya hanya kisaran 20 pemohon sudah habis waktunya,” terang Kapolres.

Ketika ditanya oleh sejumlah wartawan, apakah ujian praktek pemohon SIM yang dijadikan satu lokasi tidak mengganggu konsentrasi pemohon? Dengan tegas Kapolres mengatkaan, bahwa dengan ujian secara bersama-sama antara peserta ujian SIM C dan SIM A secara bersamaan akan melatih konsentrasi peserta ujian SIM, karena jalanan tempat berbagai kendaraan, “Saya kira perserta ujian praktek tidak akan terganggu jika ada ujian praktek baik sepeda motor maupun mobil melakukannya secara bersamaan, justru hal ini akan melatih pengendara, karena dijalanan nanti tidak sendirian, tetapi akan bertemu dengan kendaraan lain” ujar Kapolres menjawab pertanyaan wartawan tentang gangguan konsentrasi peserta ujian praktek saat ujian secara bersama-sama.

Usai melakukan peresmian area ujian praktek SIM, Kasatlantas menunjukkan kepada Kapolres ruang Simulator ujian SIM A, serta ruang tunggu masyarakat yang hendak mengurus SIM nya, “Diruang tunggu ini kami rehab juga dan kami buat lebih luas serta lebih nyaman untuk pemohon SIM, dengan ruangan yang ber AC serta fasilitas seperti Toilet yang bersih, tidak hanya itu, kami juga menyediakan quisinoner tingkat kepuasan kepada pemohon, sehingga kami bisa terus meningkatkan layanan kami,” beber Kasatlantas kepada Kapolres.

Aida salah satu pemohon SIM C asal Tanggul saat ditemui wartawan mengatakan bahwa area ujian praktek yang baru lebih nyaman dan lebih luas, dirinya berharap dengan menggunakan lokasi ujian praktek yang baru ini dirinya bisa lulus dan segera mendapatkan SIM. “Ya kalau melihat lokasinya, ujian praktek lebih nyaman dan lebih mudah, tadi saya sudah mencobanya, mudah-mudahan nanti saya lulus ujian prakteknya,” ujar perempuan yang sudah dua kali gagal ujian praktek saat masih menggunakan area praktek yang lama. (aisy/mlj)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top