Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Bisnis » Se Eks Karesidenan Besuki, Hanya Jember dan Banyuwangi Raih Attractive Award

Se Eks Karesidenan Besuki, Hanya Jember dan Banyuwangi Raih Attractive Award

Se Eks Karesidenan Besuki, Hanya Jember dan Banyuwangi Raih Attractive Award

JEMBER (titik0km.com) – Kemajuan Kabupaten Jember terutama dalam hal pembangunan layak diperhitungkan, kota yang baru mendapat predikat sebagai kota Karnaval Indonesia ini mulai berkompetisi dalam hal kemajuan pembangunan dengan kabupaten lainnya. Termasuk dengan kabupaten tetangga yakni Banyuwangi yang namanya sudah menasional.

Seperti tahun ini, Kabupaten Jember bersama Kabupaten Banyuwangi meraih Indonesia Attravtive Award 2017, dan hanya dua kabupaten ini yang mewakili eks Karesidenan Besuki bersama dengan 21 kabupaten lainnya dengan kategori Kabupaten Terbaik, Banyuwangi sendiri berada pada posisi 4 dan Jember di posisi 20.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR membenarkan jika pihaknya mendapat undangan pemberitahuan sebagai oemenang Indonesia Atttractive Award 2017 tersebut. Penghargaan ini sendiri rencananya akan diberikan pada hari Jumat 29 September 2017 di Hotel Weston Jakarta. Hadir dalam pertemuan tersebut diagendakan Wakil Presiden RI Yusuf Kalla serta Menteri Dalam Negeri, Menteri PU PR, Menteri Pariwisata, dan Menteri PAN RB. “Kami sudah menerima undangan penghargaan tersebut,” ujar Faida Rabu (27/9/2017).

Terpilihnya Kabupaten Jember sebagai pemenang Indonesia Attractive Award 2017 ini, menunjukkan adanya potensi besar Kabupaten Jember untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah.

“Penghargaan dari Tempo Group ini merupakan penghargaan kedua kali yang diterima Kabupaten Jember. Tahun sebelumnya Jember juga mendapatkan Penghargaan,” ujar Faida, alumnus Pascasarjana UGM predikat Cumlaude ini.

Tujuan dari penghargaan ini sendiri memperhatikan berbagai latar belakang kabupaten yang kemudian oleh Frontier Consulting Group dan Tempo Media Group dilakukan pengukuran dan observasi terhadap daya tarik setiap daerah di Indonesia. Keseluruhan pengukuran ini akan disebut Indonesia’s Attractiveness Index yang diharapkan mampu memberikan gambaran daya tarik setiap kabupaten maupun tingkat provinsi.

Tujuan pengukuran dan penyebaran hasil pengukuran ini adalah ; Untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah akan pentingnya  menjadikan daerah mereka sebagai tujuan investasi dan pembangunan daerah. Untuk memberikan inspirasi kepada kepala daerah guna membangun strategi-strategi yang lebih terarah dan jelas di masa depan. Untuk memberikan informasi kepada para investor terhadap kesempatan bisnis untuk  investasi-investasi di daerah potensial di Indonesia.

Sedangkan latar belakang pemberian award yakni, Pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia tentunya sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. Daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan  kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh.

Banyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor  di suatu daerah, berimplikasi pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan   pendapatan daerah, dan sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut.

Untuk menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, diperlukan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan komunikasi sehingga memudahkan proses distribusi dan akses terhadap suatu pelayanan.

Sektor pariwisata juga merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah yang seringkali memberikan kontribusi yang besar bagi suatu daerah. Daerah-daerah yang mampu menarik turis dari dalam negeri maupun mancanegara akan mampu memberikan pemasukan yang besar sehingga meningkatkan pajak daerah dan menggairahkan ekonomi setempat baik sektor perdagangan, transportasi, akomodasi, dan lainnya.

Refleksi terhadap kemajuan daerah juga dapat dilihat dari kepuasan publik terhadap layanan-layanan yang diberikan oleh pemerintah daerah. Pelayanan di tingkat provinsi dan kabupaten maupun lembaga-lembaga pendidikan dan kesehatan juga merupakan salah satu cermin yang sangat menentukan pertumbuhan ekonomi daerah di masa mendatang. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top