Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Sidang Paripurna, Mayoritas Fraksi DPRD Jember Apresiasi Anggaran Program Bupati

Sidang Paripurna, Mayoritas Fraksi DPRD Jember Apresiasi Anggaran Program Bupati

Sidang Paripurna, Mayoritas Fraksi DPRD Jember Apresiasi Anggaran Program Bupati

Jember (titik0km.com)– Sidang paripurna lanjutan dalam membahas KUA dan PPAS APBD Jember 2018 memasuki pandangan ftraksi-fraksi di DPDD Jember, sidang paripurna yang digelar pada Rabu (28/2/2018) mayoritas Fraksi mengapresiasi anggaran program Bupati Jember, terutama dalam mengalokasikan anggaran untuk kesejahteraan Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawa Tidak Tetap (PTT).

Fraksi Gerindra melalui Juru Bicaranya Siswono, dalam penyampaian pandanganya menyatakan bahwa apa yang dianggarkan Bupati Jember dalam APBD 2018 sudah bagus dan pro rakyat, terutama terkait kesejahteraan GTT dan PTT, begitu juga denan anggaran Mamin (Makanan dan minuman) sebesar 17 M, namun ada beberapa catatan yang perlu dibenahi terutama mengenai upah buruh di beberapa perusahaan yang masih memberikan upah di bawah UMK, Pemkab harus berani menindak dengan tegas terhadap perusahaan nakal ini.

“Kami dari fraksi gerindra mengapresiasi anggran bupati dalam APBD 2018, apa yang dilakukan bupati Jember sudah bagus terutama dalam hal pengalokasian kesejahteraan honor GTT dan PTT, begitu juga mengenai anggaran Mamin sebesar 17 M, kami juga sepakat, karena itu menjadi otoritas bupati, hanya kami memberikan masukan agar pemkab jember juga memperhatikan upah buruh yang masih dibawah UMK, pemkab melalui Dinas Tenag Kerja harus menindak tegas perusahaan perusahaan nakal yang menggaji karyawannya di bawah UMK,” ujar Siswono dalam penyampaian pandangan fraksi.

Sedangkan Fraksi PDI Perjuangan, juga mengapresiasi APBD Jember 2018, namuan dari nota pengantar bupati yang dibacakan sebelumnya, dimana dalam nota pengantar bupati menyebutkan jika PAD pada tahun 2017 ada penurunan sebesar 7,6 persen, menyikapi hal ini, Bukri selaku juru bicara Fraksi PDIP mendorong Bupati untuk meningkatkan PAD pada 2018 melalui beberapa sektor terutama sektor di PDAM dan PDP.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, usai sidang saat dimintai tanggapan mengenai pandang fraksi-fraksi di DPRD Jember yang mayoritas mengapresiasi kebijakannya mengatakan bahwa, pandangan fraksi-fraksi sudah sangat jauh lebih baik dalam penyampaian, dan ini sebuah mekanisme yang harus dijalani dengan tanpa ada nada-nada keras.

“Seharusnya setiap mekanisme bisa dinikmati tanpa perlu nada-nada keras namun pada kali ini sudah lebih baik dan ada perubahan, yang fokus pada inti materi bukan pada konten yang lain.” ungkap Faida

Mengenai keinginan fraksi PDIP tentang peningkatan PAD, Faida juga berharap peningkatan pendapatan lebih optimal pada tahun 2018 yakni peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) meningkatkan pengelolaan bidang pariwisata dan penghasilan lain-lain yang sah, terutama untuk penarikan retribusi daerah, yang harus diperdakan kalau dipaksakan menjadi pungli.

“Kami berharap masyarakat memiliki harapan besar terhadap APBD 2018 karena dana APBD sudah ditunggu oleh masyarakat dan dana tersebut untuk masyarakat Jember, sehingga diharapkan APBD 2018 bisa segera ditetapkan,” pungkas Faida (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top