Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » SIMBA Aplikasi Zakat Online BAZNAS Jember

SIMBA Aplikasi Zakat Online BAZNAS Jember

SIMBA Aplikasi Zakat Online BAZNAS Jember

Jember (titik0km.com) – Sebagai lembaga legalitas yang menangani penghitungan zakat serta pendistribusian infaq dan shodaqoh. Badan Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember, Jumat (8/6/2018) malam, melakukan sosialisasi serta penghitungan zakat maal kepada seluruh pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Jember di aula Pendopo Wahyawibawa Graha.

Sosialisasi dan penghitungan zakat maal yang dihadiri oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, dan Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqiet Arief, serta Ketua BAZNAS Jember, H. Misbahul Salam, merupakan kali pertama yang digelar dalam rangka pengumpulan zakat maal bagi seluruh pejabat yang ada.

Dalam penjelasannya, Ketua BAZNAS Jember, H. Misbahul Salam, mengatakan bahwa kekuatan zakat merupakan kekuatan ekonomi yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk membangun kehidupan ekonomi masyarakat secara bergotong royong. Jember sendiri, lanjutnya, merupakan Kabupaten yang masih memiliki kantonf kemiskinan tinggi diantara Kabupaten-Kabupaten yang ada di Jawa Timur.

Untuk itu, lebih lanjut Misbahul Salam, mengatakan perlu adanya dorongan motivasi bagi para masyarakat Jember yang hidupnya beruntung agar memberikan zakat maal ataupun infaq dan shodaqohnya kepada masyarakat miskin yang ada didalam kantong-kantong kemiskinan melalui BAZNAS Jember.

“Kami siap membantu menghitungkan zakat maal sekaligus mendistribusikan kepada masyarakat miskin bersama-sama dengan pemilik zakatnya atau Muzakki. Silahkan, mau diberikan kemana, dikecamatan mana. Kami siap membantu sesuai data yang telah ada”, jelas Misbahul Salam.

Untuk itu sebagai contoh, ungkapnya, tepat di bulan ramadhan ini, pihak BAZNAS Jember bersama Bupati Jember dan Wakil Bupati Jember, sengaja mengumpulkan para pejabat OPD untuk membayarkan zakatnya melalui BAZNAS. Tak hanya itu saja, diungkapkan oleh Misbahul Salam, bahwa dalam pembayaran Zakat lewat BAZNAS Jember ini juga bisa melalui sistem IT sehingga bisa diketahui langsung berapa yang harus dibayarkan, kapan zakat itu dibayarkan, bisa diketahui langsung oleh para Muzaki (Pembayar Zakat) melalui Short Message Service (SMS). “Jadi jangan kuatir, Dijamin transparan karena langsung mendapat jawaban lewat SMS”, katanya.

Para Muzaki sendiri juga bisa melakukan pembayaran zakat maal, infaq dan shodaqohnya melalui SMS Banking atau e-banking. Karena, BAZNAS sendiri telah memiliki aplikasi SIMBA yang secara teknologi akan sangat membantu para muzaki yang ingin membayarkan zakat maalnya ataupun yang ingin berinfaq dan bershpdaqoh. “Insyaallah, akan lebih aman, transparan dan cepat, bagi para pejabat, pengusaha yang mempunyai kesibukan tinggi”, jelasnya.

Dirinya berharap hal-hal positif ini juga bisa diimplementasikan kepada seluruh ASN yang ada diwilayah kerja Pemkab Jember, baik sebagai contoh maupun sebagai sebuah kekuatan sinergisitas ekonomi gotong royong untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top