Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » “Tentaraku Hebat, Tidak Hanya Bisa Perang, Tapi Juga Menjadi Tukang Bangunan”

“Tentaraku Hebat, Tidak Hanya Bisa Perang, Tapi Juga Menjadi Tukang Bangunan”

“Tentaraku Hebat, Tidak Hanya Bisa Perang, Tapi Juga Menjadi Tukang Bangunan”

JEMBER (titik0km.com) – Keberadaan Prajurit TNI memang bertugas sebagai keamanan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari para penjajah, dan hal ini yang selama ini melekat di benak masyarakat, bahwa TNI hanya bisa berperang, tapi warga Desa Karangbayat Kecamatan Sumberbaru Jember, tertegun dan bangga, ternyata anggapan mereka tentang TNI yang hanya bisa berperang terbantahkan.

Mungkin anggapan masyarakat akan terus seperti ini (TNI hanya bisa berperang,red) jika di desa mereka tidak dilaksanakan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang ke 98, setidaknya hal ini diakui oleh Hotip (49) warga Dusun Karang Anom Rt. 03 Rw. 10 yang merasakan dan melihat langsung bagaiman kemampuan TNI yang terlibat di TMMD bekerja dan berbaur bersama masyarakat tanpa melihat status masyarakat itu sendiri.

“Saya tidak menyangka kalau bapak-bapak Tentara bisa menjadi kuli maupun tukang, saya tahunya saat bersama-sama membuat MCK, ternyata banyak dari bapak-bapak tentara yang pintar mengaduh adonan semen, bahkan tenaga kami yang sudah rutin menjadi buruh kalah, Tentara Indonesia memang Hebat tidak hanya bisa berperang, tapi juga membangun,” ujar Hotip saat ditemui media ini Minggu (23/4/2017) siang.

Hal senada juga disampaikan oleh Romelah (47) warga Dusun Krajan Rt. 3 Rw. 2, wanita paruh baya ini semakin kagum saat melihat TNI yang ada di desanya tidak merasa jijik maupun segan saat menuntun ternak warga untuk diperiksa kesehatannya, ia benar-benar merasakan manfaat yang luar biasa dengan adanya TNI dalam kegiatan TMMD di desanya.

 

“Saya tidak menyangka, TNI kita juga lihai dan pintar saat membawa ternak kami untuk diperiksa kesehatannya, tidak hanya itu, tetangga saya saat mengkhitankan anaknya juga merasa terbantu dengan adanya bapak-bapak tentara,” ujar Romelah.

Memang pada kegiatan TMMD di Kabupaten Jember ini memang cukup luar biasa dimana seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) mendukung dan kegiatannya juga sangat beragam sasarannya tidak hanya insfrastruktur dan sumber daya manusia tetapi hewan dan tumbuhanpun yang menunjang kehidupan masyarakat Desa Karang Bayat turut tersentuh.

Bahkan Erfan (19) salah satu pemuda desa setempat, merasakan manfaatnya dengan kehadiran TNI, menurut pemuda yang setiap sore selalu bermain sepak bola dengan TNI di lapangan desa sekitar, TNI yang bertugas di desanya benar-benar memberikan dampak positif, dan bisa memberi contoh yang baik untuk pemuda di desanya.

“Saya benar-benar kagum dengan TNI yang ikut TMMD, tenaganya begitu kuat seperti tidak ada capeknya, pagi sampai siang bekerja tanpa berhenti, sore main sepak bola bersama kami, bahkan di hari libur seperti hari Minggu juga tidak berhenti, mereka juga mudah akrab saat berbaur dengan warga dan pemuda di sini,” ujar Erfan.

Sementara Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto terkait dengan keberadaan pasukan SSK TMMD di Desa Karang Bayat Kec Sumberbaru menegaskan, bahwa tugas dari TNI yang terlibat di TMMD, disamping memiliki tugas menyelesaikan pekerjaan fisik dan non fisik program TMMD 98 juga sebagai pribadi tentunya harus mampu membaur dengan masyarakat disana.

“Sejak awal saya sudah berpesan kepada prajurit jangan sampai keberadaan mereka malah membebani masyarakat, mereka harus selalu mempedomani Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI, jangan sampai ada pelanggaran, jangan sampai melakukan hal-hal yang merugikan dan menyakitkan masyarakat,” ujar Dandim

Bahkan untuk lebih mendekatkan TNI dengan rakyat (baca ; masyarakat) Dandim melarang prajurit TNI tidur di tenda yang dibuat di lapangan, akan tetapi prajurit juga harus tinggal bersama warga, “Prajurit harus tinggal dirumah warga, tapi keberadaanya tidak boleh membebani maupun merepotkan warga yang ditinggali, agar mereka lebih dapat membaur dengan masyarakat, karena “Bersama Rakyat TNI Kuat,” Tegas Letkol Inf Rudianto. (myn/aisy/mlj)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top