Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » TNI Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis Kerjasama dengan Kemenkes RI

TNI Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis Kerjasama dengan Kemenkes RI

TNI Kembali Gelar Operasi Katarak Gratis Kerjasama dengan Kemenkes RI

Jember (titik0km.com) Operasi katarak yang dilakukan oleh TNI dari Kodim 0824 Jember kembali digelar, seperti tahun sebelumnya, penderita katarak seperti tidak ada  habisnya, dengan menggandeng Rumah Sakit Bina Sehat dan Rumah Sakit Baladhika Husada, mulai Kamis 30 Nopember hingga Minggu 3 Desember 2017, Kodim 0824 Jember menggelar acara Bhakti sosial, kegiatan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, namun untuk Jawa Timur hanya di gelar di dua lokasi yaitu Malang dan Jember.

Pada hari pertama, operasi katarak berhasil menangani seratusan pasien, dengan rincian di RS Baladhika Husada 49 pasien, dan RS Bina Sehat 70 pasien yang semuanya berasal dari berbagai desa di Jember.

Operasi di Jember sendiri melibatkan 8 orang dokter specialis mata diantaranya Kolonel Ckm dr Bambang Subandono, Sp.M (RSPAD Gatot Subroto Jakarta),  Kolonel Ckm dr M Irsan, Sp.M (Kesdam I/Bukit Barisan), dr Indra Syarief (ASN Kemhan),  dr Retno Unggul Hapsari, Sp.M, dr. Astrianda N Suryono, Sp.M, (K), dr Lutfi Zeni, Sp.M, dr Bagas Kumara, Sp.M, dr Ewanda Fredy, Sp.M.

“Kegiatan operasi katarak gratis ini merupakan acara bhakti sosial TNI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI dengan Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad), saya selaku komandan Kodim Jember mengucapkan terima kasih kepada seluruh dokter dan masyarakat serta anggota Kodim yang terlibat dalam kegiatan baksos ini, mudah-mudahan jerih payah mereka dalam menangani pasien katarak menjadi amal yang baik,” ujar Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Rudianto.

Rosidi pasien katarak asal Kaliwates merasa tertolong dengan adanya operasi katarak gratis ini, sebab untuk mengobati matanya sendiri dirinya tidak memiliki cukup dana, sehingga kegiatan semacam ini benar-benar sangat menolong dirinya.

“Beruntung saya dikasih tahu Babinsa yang ada di Kelurahan kalau ada operasi katarak gratis, sehingga saya bisa daftar dan ikut pengobatan ini,” ujar Pak Rosidi.

Sebelum dilakukan operasi, keberadaan pasien yang sudah mendaftar terlebih dahulu dilakukan screening, dan selama proses screening maupun saat menjalani operasi, seluruh pasien di dampingi oleh babinsa selaku relawan yang mendata, hal ini untuk memudahkan pendataan administrasi dan lain-lain. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top