Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Undang PPATK, Pemkab Jember Gelar Sosialisasi BPHBT

Undang PPATK, Pemkab Jember Gelar Sosialisasi BPHBT

Undang PPATK, Pemkab Jember Gelar Sosialisasi BPHBT

Jember (titik0km.com) – Pemerintah Kabupaten Jember menyosialisasikan sistem pelaporan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online berbasis website: E-BPHTB.

Sosialisasi di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Selasa (4/8/2018), ini diikuti oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah Kabupaten (PPATK)  dan Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) se-Kabupaten Jember.

Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jember Suyanto, S.H mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pengetahuan kepada peserta tentang mekanisme pembayaran secara online berbasis web dan pelaksanaan transaksi non tunai.

“Juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus menginformasikan terkait adanya temuan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa timur atas pelaporan transaksi tahun 2017 yang harus segera ditindak lanjuti,” terangnya.

Sekretaris Daerah Ir. Mirfano dalam sambutan pembukaan sosialisasi mengungkapkan pada tahun 2017 telah dibuat beberapa aplikasi terkait pembayaran pajak. Pembuatannya cukup lama, karena harus melakukan beberapa uji coba dengan Bank Jatim.

“Sekarang semakin mendekati sempurna. Basisnya masih berbasis web, belum berbasis Android. Nanti masih akan dipantau perkembangannya, karena keamanan data menjadi fokus nomer satu pada aplikasi tersebut,” terang Mirfano.

Sekda menegaskan, Jember tidak boleh tertinggal dalam hal teknologi informasi. Seperti halnya Jember Smart City, maka sosialisasi pembayaran secara online menjadi implementasi Smart City.

“Oleh karenya harus dipahami ini merupakan sebuah perubahan yang sangat dibutuhkan masyarakat Jember,” terangnya.

Saat ini dunia sudah terkoneksi tanpa batas. Menyesuaikan perkembangan paradigma konsumen ingin mendapat pelayanan tercepat. “Kalau bisa sehari ya sehari, kalau bisa tiga jam ya tiga jam,” ujarnya.

“(Paradigma) ini yang membuat semua harus mencari cara bagaimana teknologi bisa membuat cara kerja yang efisien dan cepat,” kata Mirfano.

Mirfano menyampaikan Pemkab Jember berkomitmen untuk menomorsatukan konsumen atau masyarakat, membangun sistem yang tidak terlalu kompleks, jaringan dibikin mudah dan efisien, dan ingin mengurangi biaya menjadi yang variable.

“Juga menjadi organisasi pemerintahan yang cepat tanggap,” ungkap Mirfano.

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top