Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Regional » JEMBER » Universitas Jember Kembangkan Padi Transgenik

Universitas Jember Kembangkan Padi Transgenik

Universitas Jember Kembangkan Padi Transgenik

JEMBER (titik0km.com)Universitas Jember akan mengembangkan padi transgenik bekerjasama dengan Kyungpook National University (KNU) Korea Selatan. Rencananya, pengembangan padi transgenik ini dimulai dengan penanaman padi transgenik jenis Golden Rice di lahan Agrotechnopark milik Universitas Jember yang ada di daerah Jubung. Penanaman padi transgenik ini dibawah pengawasan Komisi Keamanan Hayati Kementerian Pertanian.

Rencana pengembangan padi transgenik ini diawali dengan kedatangan tim KNU di kampus Tegalboto hari Rabu (5/2). Menurut Prof. Dr. Bambang Sugiharto, ketua Development Advanced Science Technology (C-DAST) Universitas Jember, jenis padi transgenik Golden rice adalah jenis padi tahan serangan penyakit dan hama yang mengandung vitamin A. “Padi jenis Golden Rice ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada padi biasa. Setelah sukses dikembangkan di KNU, kini akan dikembangkan di Universitas Jember,” imbuh Prof. Dr. Bambang Sugiharto.

Universitas Jember sendiri telah memiliki kemampuan di bidang transgenik, terbukti dengan keberhasilan mengembangkan tebu transgenik. Tim KNU yang datang ke Kampus Tegalboto kali ini hanya dipimpin oleh Prof. Dr. Kim Kyung Min didampingi para ahli transgenik KNU, beserta tiga orang mahasiswanya.  Selain bertujuan kerjasama pengembangan padi transgenik dengan Universitas Jember, kedatangan tim KNU juga dalam rangka kunjungan balasan atas kedatangan Rektor Universitas Jember tahun lalu. Tim KNU juga menjadi pembicara dalam rangka simposium mengenai pengembangan teknologi transgenik di aula Fakultas Pertanian.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc, Ph.D. menjelaskan, kehadiran tim dari KNU adalah untuk meneruskan jalinan kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya. “Tahun lalu kami sudah berkunjung ke KNU dan sekarang pihak KNU yang datang kesini, ini merupakan bentuk implementasi dari kerjasama yang telah dijalin antara Universitas Jember dan KNU,” tutur rektor.

Tim KNU juga berkesempatan melihat dari dekat kesiapan Universitas Jember mengembangkan padi transgenik. “Sore ini (5/2) tim KNU akan mengunjungi lahan Agrotechnopark di daerah Jubung dan laboratorium pendukung,” tambah Prof. Dr. Bambang Sugiharto. (asd)

Bagikan :

Comments (2)

Leave a Comment

Scroll to top