5.000 Dokter Kecil Ikut Pelatihan

RS Bina Sehat Jember Sinergikan Dunia Pendidikan dan Kesehatan

JEMBER (titik0km.com) – Sebanyak 5000 dokter kecil inden pelatihan sehari menjadi dokter kecil yang di gagas oleh RS Bina Sehat. Kegiatan ini mulai di buka kembali pada sabtu dan minggu tanggal 20-21 Oktober 2012. Kelas pertama yang mengikuti kegiatan ini dari TK Sinar Nyata 3 Kaliwates Jember dan TK Ceria Alam Kreatif dari Lumajang.

Dalam kegiatan ini lebih dari 100 siswa kelas Taman Kanak – Kanak dan Sekolah Dasar turut berpartisipasi dan itu berarti masih sekitar 4900 dokter kecil menunggu giliran dijadwal untuk pelatihan. Menurut dr. Hanna Nadya, Koordinator Kegiatan Dokter Kecil RS Bina Sehat, bahwa anak adalah pribadi yang unik, ia bukanlah seorang dewasa yang bertubuh kecil. Namun anak adalah sosok pribadi yang berada dalam masa pertumbuhan, baik secara fisik, mental dan intelektual.

Dan sehat merupakan sebuah hasil yang memerlukan proses atau usaha. Memahami arti pentingnya kesehatan diri harus dimulai sejak dini, agar hasil itu bisa dirasakan di kemudian hari. “Pendidikan kesehatan harus diajarkan sejak dini pada anak, karena anak sehat menjadi cerminan keluarga yang juga sehat” ujarnya.

Hanna menjelaskan, program pelatihan sehari menjadi dokter kecil ini adalah sebagai bentuk partisipasi RS Bina Sehat dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan kesehatan bagi anak-anak. Pengenalan terhadap dunia kesehatan akan membuat anak didik semakin memahami pentingnya kesehatan bagi diri dan lingkungannya. “Program pelatihan sehari menjadi dokter kecil sedikit banyak telah memberi warna dalam dunia pendidikan kesehatan dengan telah menghasilkan 2000 lulusan pelatihan sehari menjadi dokter kecil” jelasnya.

Pelatihan sehari menjadi dokter  kecil ini, kata dia, bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman anak didik tentang hidup sehat, memperkenalkan dunia kesehatan secara dini kepada anak didik serta memperkenalkan profesi kesehatan kepada anak didik. “Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik setiap hari sabtu dan minggu atau hari lainnya sesuai dengan kesepakatan, dan dilaksanakan di laboratorium mini hospital RS Bina Sehat yang terletak di Jl. Jayanegara No. 81 Jember” katanya.

Terpisah, drg. Yunita Puspitasari, Manajer Marketing RS Bina Sehat menyampaikan bahwa saat ini sebanyak 106 sekolah terdaftar dalam kerjasama kegiatan ini. Sekolah yang terdaftar tersebut barasal dari berbagai daerah tidak hanya di wilayah Jember saja tetapi juga daerah lain seperi Lumajang dan Bondowoso.

Beberapa sekolah tersebut diantaranya TK Sinar Nyata 3, TK/ RA Ceria Alam Kreatif Lumajang, KB & TK Assalam, Islamic Kids House Buah Hati Kita, TK As Sholihin, TK Roziana, TK ABA Rowotengah, SD Muhammadiyah Rowotengah, TK ABA 4, TK ABA 6 Ampel Wuluhan, SD Muhammadiyah 1 Tanggul, TK Baitul Iman, TK Muslimat NU 63, TK Plus Al Hujjah, TK Dharma Wanita Jenggawah, TK Al Muhajirin, TK Seroja, TK Kusuma Bangsa, Paud Darul Fiker, TK Idhata, TK Tadika Puri, LKP Global Institute ,TK Nurul Fajar, TK Darus Sholah, TK jember Permai I, TK Kuncup Bunga, SD Jember Kidul 02 dan lain-lain.

Mengingat tingginya antusias sekolah, orang tua serta anak didik terhadap kegiatan dokter kecil ini maka diperlukan manajemen waktu yang tepat untuk mengatur jadwal kegiatan serta adanya kerjasama yang baik dengan institusi pendidikan untuk dapat merencanakan pelatihan sehari menjadi dokter kecil menjadi bagian dari agenda kegiatan sekolah. “Dukungan dari kepala sekolah sebagai pemimpin dalam institusi pendidikan untuk mengkoordinir siswa sangat membantu kami dalam hal penjadwalan ini“ kata drg. Yunita.

Anak-anak, lanjut dia, adalah generasi penerus yang akan menggantikan ke beradaan kita saat ini. Anak yang sehat umumnya akan tumbuh berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat. “Untuk itu, mari kita perkenalkan pendidikan kesehatan sejak dini kepada anak-anak, dengan semakin banyak pengetahuan tentang kesehatan akan membantu anak untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, cerdas dan berprestasi“ jelasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan pelaksanaan kegiatan pelatihan sehari menjadi dokter kecil RS Bina Sehat ini hubungi drg. Yunita Puspita HP 081559600681 atau Bagian Informasi RS Bina Sehat (0331) 6008777. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: