5 Bupati Hadir Dalam Penutupan Aksi Kemanusiaan

BWI-08032013-002JEMBER (titik0km.com)Lima Bupati se-Eks Karesidenan Besuki nyatakan siap hadir dalam acara penutupan kegiatan yang bertajuk sinergi aksi kemanusiaan operasi gratis 1000 dhuafa yang akan dilaksanakan di RS Bina Sehat Jember, Rabu (10/4). Acara yang juga direncanakan akan dihadiri oleh Pangdam V Brawijaya tersebut merupakan puncak dari serangkaian kegiatan sinergi aksi kemanusiaan yang melibatkan 5 Kodim, 5 Kabupaten dan PKK Kabupaten Jember dengan target 1000 pasien operasi gratis.

Sementara itu, kemarin, Senin (8/4) Direktur RS Bina Sehat, dr. Faida, MMR sengaja melakukan kunjungan ke Bupati Banyuwangi Drs. H. Abdullah Azwar Anas M.Si. “Kunjungan ke Bupati ini dilakukan dengan tujuan untuk merundingkan deklarasi bersama terhadap dukungan dan komitmen terhadap kegiatan aksi kemanusiaan ini,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa secara prinsip 5 Bupati di wilayah yang menjadi cakupan kegiatan aksi kemanusiaan ini meliputi Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi secara tegas menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam penutupan kegiatan aksi kemanusiaan di RS Bina Sehat. “Dari hasil koordinasi yang sudah kami lakukan dengan para Bupati di 5 Kabupaten tersebut menyatakan akan hadir dalam acara penutupan,” jelasnya.

Faida menambahkan, bahwa nantinya dalam acara penutupan tersebut juga direncanakan akan dibuat sebuah deklarasi bersama antara 5 Bupati secara bersama-sama untuk peduli terhadap kesehatan kaum dhuafa. Hal ini sangat penting mengingat kegiatan operasi gratis untuk kaum dhuafa tidak cukup berhenti sampai selesainya acara ini saja, namun diharapkan dapat terus berjalan dan bersinergi dengan lintas kabupaten pada waktu yang akan datang.

Lebih lanjut dijelaskan, acara penutupan kegiatan sinergi aksi kemanusiaan operasi gratis 1000 dhuafa nantinya akan dihadiri oleh ratusan pasien yang sudah menjalani operasi gratis, baik katarak, bibir sumbing, hernia, polidaktili maupun CTEV termasuk keluarganya. Tidak hanya itu saja, sebanyak 500 undangan dari pihak TNI, PKK Kabupaten Jember, para Camat dan Kepala Puskesmas yang terlibat selama kegiatan aksi kemanusiaan ini akan hadir dalam kesempatan tersebut. “Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) 5 Kabupaten juga turut kita undang dalam acara penutupan. Keterlibatan para pimpinan daerah tersebut sangat diperlukan guna aksi-aksi kemanusiaan selanjutnya,” tambahnya.

Masih menurut dr. Faida, para pasien yang sudah operasi bibir sumbing tidak ketinggalan juga akan ditampilkan di hadapan ribuan undangan saat acara penutupan. Para mantan pasien bibir sumbing tersebut akan berjalan diatas catwalk sepanjang 16 meter tak ubahnya peragawan dan peragawati profesional. “Mereka nanti akan jalan diatas catwalk sepanjang 16 meter. Agar lebih tampak bagus, kami sudah siapkan pelatih fashion show profesional. Bahkan kostum mereka pun nantinya dirancang khusus oleh desainer ternama,” jelasnya.

Sebagai puncak acara, lanjut dia, penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) juga akan di berikan kepada RS Bina Sehat dalam acara penutupan. Adapun penghargaan yang diberikan oleh pihak MURI tersebut adalah masuk dalam kategori kegiatan bakti sosial operasi gratis (5 kasus penyakit) secara kontinyu dalam waktu 55 hari dengan jumlah terbanyak. (fid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: