Ada Houseware di Toko Swalayan Pinggir Kota Jember

JEMBER, (titik0km.com) – Toko swalayan yang berada dipinggiran selatan Kota Jember atau yang lebih di kenal dengan nama Dira Shopping Center tepatnya di Desa Balung Kulon, Kecamatan Balung, kini megembangkan sayap usahanya dengan toko Houseware yang menyediakan peralatan perabotan rumah tangga dengan konsep layanan mandiri.

Tempat belanja dibawah naungan Dira Group perusahaan asal Kabupaten Jember ini, optimis potensi pasar untuk bisnis ritel peralatan rumah tangga di wilayah Jember selatan cukup besar. Hal ini terkait faktor kebutuhan dan tingginya daya beli masyarakat. Karena hingga saat ini, belum ada swalayan berukuran besar yang menyediakan kebutuhan peralatan tersebut.

“Saya kira masyarakat butuh pusat belanja yang cocok dengan konsep layanan mandiri. Apalagi, ketersediaan toko berukuran besar yang menyediakan peralatan rumah tangga di Jember selatan belum tersedia,” kata Pemilik Dira Group, Ponimin Tohari usai launching toko houseware di area Dira Shopping Center, Kecamatan Balung, Rabu (24/5/2017) malam.

Optimisme Ponimin, pengusaha asli putra daerah kelahiran Jember ini, juga berdasarkan informasi yang didapatkannya, bahwa potensi bisnis ritel pada 2017 ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Ia menyebutkan, para pelaku ritel mematok pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia mencapai 12%.

“Angka ini tentu bukan isapan jempol, karena merunut data Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia), pertumbuhan ritel 2016 optimis berada di angka 10% lebih baik dari 2015 yang hanya mencapai 8%, dan menurut saya ini peluang bisnis yang bagus,” ujarnya.

Meski sampai ini permintaan produk makanan dan minuman masih menjadi kontributor utama yang mencapai 60%, namun Pengusaha lokal asli kekahiran jember ini meyakini, bahwa produk perlengkapan rumah tangga bakal tetap diburu konsumen, apalagi momentumnya menjelang Bulan Ramadan dan lebaran.

“Peluang pangsa pasarnya cukup besar. Meski usai lebaran, saya tetap optimis bisnis ritel peralatan rumah tangga ini tetap menjanjikan, terlebih harga yang disediakan cukup terjangkau bagi semua masyarakat di Jember,” tuturnya.

Seperti diketahui, Dira Group bukanlah pendatang baru untuk bisnis wisata keluarga dan ritel di Jember. Ada dua swalayan yang dibangun sebelumnya, yakni Dira Center Ambulu yang menyediakan produk pakaian, kebutuhan pokok, kuliner, serta wisata keluarga. Sementara Dira Shopping Center Balung, menyediakan produk pakaian, kebutuhan pokok keluarga dan kuliner.

Menurut Ponimin, sesuai dengan namanya yaitu Dira Shopping Center, kurang lengkap rasanya kalau peralatan rumah tangga belum tersedia di tempat kita, sehingga kita lengkapi toko khusus peralatan rumah tangga dengan nama houseware,”terangnya.

Yang lebih penting lagi, dengan dibukanya toko baru ini dapat menyerap tenaga kerja di Jember.

“Sehingga bisa membantu program pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja produktif,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, ribuan pengunjung menghadiri acara launching toko houseware dengan hiburan orkes yang mendatangkan artis dari Kabupaten Banyuwangi dan juga lokal Jember. (min/mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: