Rempah Cigarettes Dan Tembakau Kualitas Ekspor Di Ajang ITE 2013

JEMBER (titik0km.com)International Tobacco Expo dan ESDM 2013 yang rencananya akan digelar di Gedung Serbaguna Kaliwates Jember pada tanggal 11 s/d 15 September mendatang terasa beda dengan yang lain, selain desain pameran skala internasional yang didesain berbeda juga akan dimeriahkan dengan Lomba Fashion Bertema Tembakau, Festival Lukis Cethe, Panggung Musik Jalanan dan seminar tentang tembakau di lokasi yang sama.

Beberapa peserta seperti PR Indokretek, produsen rokok rempah dari Malang akan menampilan jajaran produk Ramuan Extrak Rempah rempah tradisional yang terdapat pada Cigarettes dari Indokretek, menurut Fendy perwakilan dari Indokretek Malang menjelaskan bahwa Indokretek melakukan inovasi dengan membuat Cigarettes dari bahan rempah, “Di dalamnya terdapat ekstrak Kapulaga, ekstrak kulit Pisang Raja, Madu, Jinten Hitam, Kayumanis, sirih, Jahe Kencur, Ketumbar, Lada Hitam dan Beberapa estrak rempah lain serta cengkeh yang berkualitas,” jelas Fendy.

PT Perkebunan Nusantara X (persero) atau yang dikenal dengan PTPN X akan menampilkan daun tembakau kualitas super untuk bahan baku cerutu, Seperti yang diketahui PTPN X telah mengembangkan penanaman tembakau TBN, VBN, FIN, FIK, BESNO, VORSTNO, VIRGINIA, dan MADURA. Pada tahun ini PTPN X, hingga kuartal II/2013, telah merealisasi ekspor tembakau perseroan sebesar 634,30 ton, dari targetkan ekspor sebesar 1.685 ton dengan nilai pendapatan Rp296,464 miliar, seperti yang dilansir di sindonews.com beberapa waktu yang lalu.

Melalui Esti, perwakilan PTPN X, menjelaskan bahwa nanti PTPN X akan menampilkan tanaman tembakau yang dikemas dalam pot dan berbagai jenis daun tembakau yang merupakan jenis ekspor, “kami akan display selain daun tembaku yang sudah siap ekspor, juga ada tanaman tembakau utuh yang akan dipajang di area pameran PTPN X,” papar Esti.

International Tobacco Expo (ITE) dan ESDM 2013 sendiri adalah pameran yang mengetengahkan tema dan segala jenis informasi tentang tembakau dan potensi unggulan daerah lainnya, termasuk di Kab. Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Jember dan Lumajang. Pameran ini juga bertujuan menjadi ajang pertemuan yang positif bagi para pelaku usaha yang terkait dengan bidang pertembakauan, dari petani, industri, eksporter, perbankan, pemerintah daerah, sampai dengan lembaga penelitian dan para akademisi. Selain itu masyarakat juga akan mendapatkan banyak informasi yang lebih akurat dan terkini tentang tembakau.

Rencananya gelaran ITE & ESDM 2013 ini akan dihadiri oleh Menteri BUMN, Dahlan Iskan, sekaligus akan menjadi keynote speaker dalam seminar tentang tembakau yang menjadi rangkaian acara ITE & ESDM yang kali pertama digelar di Jember ini. (ias)

1 PTPN X Resize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: