Ahli Pangan Indonesia Kumpul di Universitas Jember

JEMBER (titik0km.com) – Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) menggelar seminar nasional bertema “Peran Teknologi dan Industri Pangan Untuk Percepatan Tercapainya Kedaulatan Pangan Indonesia”. Seminar yang dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Drs.Moh.Hasan M.Sc., Ph.D Senin (26/8) lalu di Gedung Kauje Universitas Jember. Rencananya selain di Universitas Jember, rangkaian acara akan dilaksanakan pula di Hotel Aston, di Pendopo Pemkab Jember dan Puslit Kopi Kakao Jember mulai tanggal 26 s/d 28 Agustus 2013.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Jember mengatakan kedepan tantangan masalah pangan akan semakin meningkat. “Semakin hari jumlah penduduk Indonesia bahkan dunia akan semakin bertambah, semakin banyak manusia maka problem pangan akan bertambah juga” jelasnya. Untuk itu dibutuhkan food security yaitu masalah ketersediaan pangan yang bias diakses oleh semua kalangan.

Menanggapi tema yang dipilih dalam seminar ini Drs. Moh. Hasan M.Sc., Ph.D mengatakan saat ini justru bias menjadi satu pertanyaan sampai dimana kedaulatan pangan Indonesia. Pertanyaan ini bias menggambarkan posisi kedaulatan pangan Indonesia saat ini. Oleh sebab itu Rektor berharap dengan berkumpulnya ahli pangan di Jember ini akan bias mengatasi masalah pangan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini ataupun di masa mendatang.

Menurut Ketua Umum PATPI Prof. Dr. Ir. Rindit PambayunM.S., agenda seminar di jember ini juga akan digunakan untuk membahas kebijakan pangan nasional. Senada dengan Ketua PATPI pusat, Ketua PATPI Jember Ahmad Nafi’, STP, M.P mengatakan peran teknologi pangan saat ini sangat penting untuk mencapai kedaulatan pangan. Karena saat ini masih ada yang mengatakan sekarang Indonesia belum merdeka dalam mencukupi kebutuhan pangan.

Sementara itu Dr. Ir Jayus selaku ketua panitia menjelaskan seminar ini dihadiri 256 peserta dari 49 Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, Swasta dan Praktisi Pangan. Akan hadir sebagai nara sumber antara lain Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr., Ph.D. (Wakil Ketua Umum PATPI Pusat), Prof. Irwandi Jaswir, Dr. Ir. Tjuk Eko Hari Basuki, M.St,Prof. Dr. Anton Apriantono (Mantan Menteri Pertanian), Rustono (Pengusaha Tempe di Jepang). (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: