Airin Rachmi Diany Wardana Sosok Kalem Cerdas Perempuan Aktivis dari Tatar Sunda

Airin Rachmi Diany Walikota Tangerang Selatan Pemenang Kategori Pemerintahan Anugerah Perempuan Indonesia 2013 di Jakarta TANGSEL (titik0km.com) – Tak banyak perempuan yang mengawali karir dan kemudian melesat bagaikan meteor menuju ke puncak. Sosok perempuan itu adalah Airin Rachmi Diany Wardana.

Perempuan dari Tatar Sunda itu menghabiskan masa kecilnya di Banjar Ciamis Jawa Barat yang sekaligus menjadi tanah kelahirannya. Putri ke 2 dari 3 bersaudara dari pasangan Anwar Martadihardja dan Ass Asye Asiyah ini, memiliki latar belakang yang biasa seperti anak remaja sebaya.

Menghabiskan masa kecil di Banjar, bersama kakek nenek sampai SMP, Airin menerima pendidikan agama dari kakek neneknya selama di sana. Barangkali juga Kakek Neneknya juga menurunkan kepekaan dan jiwa sosial yang kemudian diteruskan saat Airin beranjak dewasa.

Airin Rachmi Diany Walikota Tangerang Selatan Pemenang Kategori Pemerintahan Anugerah Perempuan Indonesia 2013Mantan Puteri Indonesia 1996 daerah Jawa Barat itu di karunia 2 orang anak, Suaminya H. Tb. Chaeri Wardana, B. Bus, yang dikenal sebagai tokoh muda Banten, juga sangat mendukung kegiatan Airin yang juga mendapat gelar Magister Hukum dari Unpad Bandung, pada tahun 2005.

Airin yang penyuka olahraga bersepeda ini juga pernah mendapatkan penghargaan, Kartini Indonesia 2010 oleh Internasional Human Recources Development Programme, Tokoh Generasi Plural  Aktivis Sosial dan Kemanusiaan oleh Forum Pembauran Kebangsaan. Untuk tahun 2013 Airin mendapatkan penghargaan dari Women Review dan Ideku Grup, Anugerah Perempuan Indonesia 2013 yang langsung diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar, dengan kategori pemerintahan kota.

Airin Rachmi Diany-Bupati Minahasa Selatan Christina Eugenia Tetty Paruntu-Retno Iswari Tranggono Ristra Grup di Anugerah Perempuan Indonesia 2013Menjadi pemimpin perempuan untuk wilayah kota yang juga berfungsi sebagai penyangga Jakarta bukan soal yang mudah, bagi Airin merupakan hal yang penting untuk memahami kultur Banten dan menyerap kosmopolitannya Jakarta, namun tetap harus membangun Kota Tangerang Selatan nyaman, aman dan berbudaya bagi warganya.

Airin banyak menyerap tradisi Banten dari sang suami H. Tb. Chaeri Wardana, B. Bus yang memberikan wawasan serta pengetahuan tentang Banten kepada Airin. Suaminya pula yang mengantar Airin menjadi pemimpin dan terpilih menjadi Walikota Tangsel, karena sang suami adalah adik dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang juga berperan banyak atas naiknya Airin.

Airin Rachmi Diany Bermain Angklung di Anugerah Perempuan Indonesia 2013 bersama dr Faida MMR RS Bina Sehat Jember dan Rusniwati Alie Direktur Pemasaran PT Semen BaturajaAirin memilih bekerja untuk membangun kota yang ia pimpin, barangkali hal itu memang yang terbaik, dengan memb
iarkan orang menilai, apa yang Airin perbuat untuk Kota Tangsel. Selamat mengabdi Ibu Airin. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: