Ajak Anak Berani Bermimpi Di Peringatan Hari Anak Nasional 2013

Ajak Anak Berani Bermimpi Di Peringatan Hari Anak Nasional 2013 Gerakan UJAR UNEJ JEMBER (titik0km.com) – Banyak cara yang ditempuh dalam memperingati Hari Anak Nasional, seperti salah satunya yang dilakukan oleh para Relawan Gerakan Universitas Jember Mengajar (UJAR), dengan mengajak anak-anak Kelompok Belajar Al Amien Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah untuk berani bermimpi. “Kami mencoba memberikan suasana baru dalam memperingati Hari Anak Nasional, langkah sederhana namun berarti dengan mengajak anak-anak berani bermimpi,” kata Nur Aliyah salah seorang relawan Gerakan UJAR.

Gagasan para relawan Gerakan UJAR ini bertolak dari kondisi anak-anak di Desa Wonojati yang sebagian besar dalam kondisi ditinggalkan oleh salah satu atau bahkan kedua orang orang tuanya untuk mengadu nasib di luar negeri. “Maka tidak heran jika masalah pendidikan menjadi yang nomor kesekian di sini,” jelas M. Zainuri, mahasiswa FKIP Pendidikan Bahasa Inggris. Untuk diketahui, Relawan Gerakan UJAR sejak Maret 2013 lalu aktif mendampingi anak-anak Desa Wonojati belajar dalam Kelompok Belajar Al Amien pimpinan Suaib Supriyadi yang juga Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Jamiyatul Mubtadiin.

Pada peringatan Hari Anak-Anak Nasional yang dilaksanakan pada hari Sabtu lalu (27/7), para Relawan Gerakan UJAR mendorong anak-anak Desa Wonojati untuk berani mengungkapkan mimpinya dengan menuliskan cita-citanya dalam banner yang disediakan. Ketika mereka diberi kesempatan untuk menuliskan dan mengungkapkan keinginannya, ternyata banyak anak-anak yang memiliki cita-cita tinggi, namun selama ini hanya ada di angan-angan saja. “Dengan pemberian motivasi seperti ini kami berharap mereka terpacu untuk mengejar mimpinya, paling tidak mau sekolah setinggi-tingginya, tidak sekedar berhenti di tingkat SD seperti umumnya masyarakat di sini,” tutur Nur Aliyah.

Selain mengajak anak-anak untuk berani bermimpi, para Relawan Gerakan UJAR yang berjumlah 27 orang mahasiswa juga Ajak Anak Berani Bermimpi Peringatan Hari Anak Nasional 2013 Gerakan UJAR Universitas Jembermenggelar berbagai lomba. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba penulisan kaligrafi, Tartil Al Qur’an, Pemilihan Da’i Cilik hingga story telling. “Kebetulan Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini bersamaan dengan bulan puasa, maka lomba-lomba yang kami adakan menyesuaikan juga dengan suasana Ramadhan. Untuk hadiah kami mendapatkan sokongan dana dari para donatur Gerakan UJAR,” ujar M. Zainuri. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: