Arek Lancor Monumen Kebanggaan Warga Pamekasan

PAMEKASAN (titik0km.com) – Monumen Arek Lancor yang terletak di jantung kota Pamekasan Madura, berada tepat di depan masjid Agung Asy-syuhada. Monumen kebanggaan warga Pamekasan ini dikelilingi jalan berbentuk lafadz Allah. Hal ini mengandung makna yang sangat mendalam, bahwa kemerdekaan yang telah di dapatkan Republik Indonesia merupakan rahmat Allah SWT, Yang Maha Kuasa.

Menurut Mulyadi, salah seorang pengunjung yang ditemui titik0km.com, berasal dari Tentenan Pamekasan, Monumen Arek Lancor Pamekasan sendiri sering menjadi alternatif wisata keluarga, pada saat sore atau malam hari terutama pada hari Sabtu dan Minggu, “Sampai sekarang masih banyak warga Pamekasan yang mengajak keluarganya untuk sekedar berjalan-jalan di seputaran Arek Lancor, juga kadang dengan rombongan,” kata Mulyadi

“Saya sendiri sekarang bekerja di luar Pamekasan, sampai sekarang kalau sedang pulang bersama keluarga juga selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke sini,” aku Mulyadi. Monumen Arek Lancor sendiri adalah monumen perjuangan yang menjadi tugu penanda kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Bentuk monumen menggambarkan kobaran api nan tak kunjung padam yang terpencar dari perpaduan senjata tradisional rakyat Madura Arek Lancor sebagai lambang dinamika yang menyala-nyala dari para pejuangnya.

Masyarakat Pamekasan dan pelancong biasanya pada sore hari dan malam hari untuk sekedar menghilangkan rasa jenuh atau melepaskan rasa lelah sambil menikmati indahnya sore atau malam di monumen Arek Lancor. Warga masyarakatpun banyak yang menggunakan lokasi monumen ini untuk kegiatan seperti olah raga atau mengajak anak bermain di Monumen ini.

Pada hari minggu pagi biasanya diadakan senam sehat dan juga terdapat sarana olahraga tenis di areal monumen arek lancor. Untuk penjual makanan dan permainan anakpun banyak terdapat di monumen ini, seperti persewaan mobil eletrik yang bisa disewakan untuk anak-anak dan bisa digunakan bermain berkeliling di seputaran Arek Lancor.

Warga Pamekasan boleh berbangga karena memiliki landmark yang cukup indah terutama pada sore hari, dan monumen bisa menjadi alternatif berkunjung dan dijadikan foto stop untuk setiap pelancong yang kebetulan berkunjung ke Pamekasan Madura. (asd)

Monumen Arek Lancor Pamekasan banyak digunakan untuk aktivitas masyarakat seperti bermain, bersantai bersama keluarga Monumen Arek Lancor Pamekasan adalah monumen perjuangan tentang kepahlawanan rakyat Madura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: