Arum Sabil Bedah Persediaan Pangan

a MoU kerja samaJEMBER (titik0km.com) – Arum Sabil, pengusaha sukses asal Tanggul, Jember membedah secara tuntas persoalan persediaan pangan Indonesia saat peringatan Milad 4 Windu Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ), kemarin (8/3). Arum Sabil bersama tiga pakar lainnya dihadirkan secara khusus untuk membedah persoalan pertanian yang dipusatkan di gedung Ahmad Zaenuri.

Arum menjelaskan, saat ini Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris dianggapnya masih lemah dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Sesuai data yang telah berhasil dihimpun, luas pertanian pangan di Indonesia tahun 2013 mencapai 13,5 juta Ha. Sedangkan dengan jumlah petani sebesar 30 juta orang. Artinya, kata Arum, jumlah rata-rata kepemilikan lahan pertanian, yang dimiliki setiap petani seluas antara 0,3- 0,4 Ha saja. “Lahan pertanian sesuai data ter-up date, setiap tahun mengalami pengurangan lahan pertanian,” ujarnya.

Alumnus Fakultas Pertanian UMJ tersebut menilai, sudah saatnya anak bangsa mampu memberikan kontribusi terbaiknya, pada dunia pertanian Indonesia, yang kondisinya memprihatinkan. Pengambilan kebijakan yang telah dilakukan pemerintah dengan melakukan panen di pelabuhan (impor, Red), akan menjadikan pertanian Indonesia semakin terpuruk.

Untuk itu, Arum berharap, mulai saat ini harus ada karya nyata yang dilakukan seluruh adik angkatannya yang masih duduk di bangku kuliah agar mampu menjawab permasalahan tersebut.

Selain itu, permasalahan pertanian di Indonesia yang begitu kompleks, bukan hanya menjadi tanggung jawab para mahasiswa fakultas pertanian saja, melainkan juga butuh keterlibatan berbagai disiplin ilmu, yang berjalan secara terintegrasi.

“Harus ada keterlibatan seluruh akademisi yang terintegrasi. Keilmuan pertanian akan lebih bagus jika disinergikan dengan ilmu ekonomi, hukum, dan disiplin ilmu lainnya, yang berjalan secara terintegrasi,” jelasnya. (tnt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: