Arum Sabil Kembangkan Peternakan Ayam Modern

peternakan ayam modern (1) JEMBER (titik0km.com) – Peternakan moderen terus dikembangkan HM Arum Sabil, pengusaha asal Jember yang juga ketua APTRI (asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia) ini. Arum Sabil kini mengembangkan peternakan ayam close house di kawasan padepokan Arum Sabil di wilayah Tanggul, Jember, Jatim.

“Peternakan ini ramah lingkungan dan dijalankan dengan teknologi moderen close house,” ujar Arum Sabil. Ketika masuk dalam peternakan, udara dalam ruangan begitu dingin karena kondisi udara diatur dengan blower. “Kalau masuk dalam kandang, tidak akan tercium bau kotoran ayam,” tegasnya.

Menariknya lagi, untuk menghindari tingkat stres ayam, hampir tiap hari, kawasan peternakan diwarnai dengan dentuman musik. “Biasanya ayam stres ketika ada petir dan suara keras. Maka dengan diberi musik tiap hari, ayam sudah terbiasa dan kebal terhadap suara keras,” tegasnya.

Arum menambahkan, dengan sistem close house, beberapa tahun terakhir, hasil produksi telur meningkat dan kualitasnya bagus. Tingkat kematian ayam juga relatif kecil. Pakan yang kita gunakan tanpa zat kimia. “Jadi telur yang dihasilkan juga telur organik,” paparnya.

peternakan ayam moderen (2)Rencananya, Arum juga akan menambah jumlah kandang lebih banyak lagi. Ini mengingat, dari empat kandang ayam moderen yang dikembangkan, tiap tahun menunjukkan perkembangan yang bagus. Selain itu, dilihat dari prospektif usaha, sangat menjanjikan. “Hasil telur sudah banyak yang memesan, bahkan kekurangan stok. Untuk itu perlu menambah jumlah kandang yang moderen,”  paparnya. (tnt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: