Ashanti di Daulat Jadi Ibu Peri Cuci Tangan Yuk CT RS Bina Sehat

JEMBER (titik0km.com) – Rumah Sakit ternyata tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk mengobati orang sakit tapi dapat menjadi sebuah institusi yang pro aktif mendorong upaya menuju Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Pasalnya pada Rabu (12/1) bertempat di pelataran RS Bina Sehat Jember, diadakan Peluncuran Gerakan Yuk Cuci Tangan (Yuk CT) sebagai salah satu program kreatif untuk menekan angka kesakitan dari anak usia sekolah dari RS Bina Sehat Jember.

Menurut dr. Faida, Direktur RS Bina Sehat Jember, peluncuran program kreatif mendorong PHBS ini memang sengaja dirancang dengan kemasan yang berbeda agar dapat diterima berbagai kalangan, karena kreatif Yuk CT ini terdapat beberapa kreasi gerakan yang ditujukan untuk anak usia sekolah sampai dengan orang tua, “Yuk CT dikemas dalam tema Kids Dance Cuci Tangan (CT), Senam CT, Joget CT. Harapannya sebetulnya sederhana sekali, RS Bina Sehat ingin membudayakan perilaku hidup sehat melalui cuci tangan, serta bisa jadi salah satu gaya hidup yang positif untuk masyarakat Jember dan lebih jauh lagi Yuk CT ini juga menjadi gaya hidup bagi masyarakat di luar kota Jember dan meluas ke seluruh Indonesia,” papar Faida.

Faida juga menjelaskan bahwa gerakan yang mengedepankan sinergi kreatif ini telah melibatkan 1.600 guru TK, 600 sekolah di kabupaten Jember, “Sebelum peluncuran Gerakan Yuk CT¬† ini, RS Bina Sehat telah bersinergi dengan beberapa instansi seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, dan kedepan kita juga akan kemas juga bersama tim Creative Top Leader (CTL), akan mengadakan senam Yuk CT di luar Jember, rencananya akan dilaksanakan setelah Senam Yuk CT bersama 40.000 siswa se kabupaten Jember bekerja sama dengan Dispendik Kab Jember untuk peringatan Hari Pendidikan,” jelas Faida yang juga menjelaskan bahwa gerakan Yuk CT ini terbuka bagi siapa saja untuk terlibat di dalamnya.

Menariknya Peluncuran Gerakan Yuk CT ini juga dihadiri oleh Anang Hermansyah dan Ashanti, yang membuat peserta senam menjadi berebut foto bersama. Ashanti Siddik Hasnoputro, yang didampingi suaminya Anang Hermansyah, juga didaulat menjadi Ibu Peri Cuci Tangan Yuk CT. Saat ditanya tentang kehadiran Anang dan Ashanti di Peluncuran Gerakan Yuk CT, Faida menjelaskan bahwa, Anang juga sangat antusias mendukung Gerakan Yuk CT karena, Anang Hermansyah adalah putra asli kelahiran Jember, “Peluncuran Gerakan Yuk CT ini bertujuan mulia, untuk menekan angka kesakitan karena terbiasa menerapkan PHBS dengan benar, jadi saya sangat berterima kasih pada Anang dan terutama Ashanti yang bersedia jadi Ibu Peri Cuci Tangan di Peluncuran Gerakan Yuk CT ini,” jelas Faida.

Saat disinggung para awak media tentang agenda pencalegan Anang Hermansyah untuk dapil Jember Lumajang, Faida menampik adanya agenda lain selain dari Peluncuran Gerakan Yuk CT ini, “Ini adalah peluncuran acara Gerakan Yuk CT oleh RS Bina Sehat, untuk mengajarkan PHBS kepada anak didik dan kebetulan Anang dan Ashanti bersedia hadir untuk menunjukkan dukungan hadir saat peluncuran, jadi satu langkah PHBS ini lebih cepat didorong jadi salah satu budaya sehat di kabupaten Jember ini,” pungkas Faida. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: