Babinsa Damkar dan Warga Bahu Membahu Padamkan Kebakaran

BLITAR (titik0km.com) – Kebakaran di sebuah rumah di RT 03 RW 02 No 20 Desa Gaprang, Kanigoro Kabupaten Blitar, berakibat rumah hangus terbakar dilalap si jago merah, tepatnya pukul 10.00 Wib, Kamis (8/5), meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang diderita, Karmuji, pemilik rumah ditaksir mencapai 200 Jutaan.

Menurut Karmuji, rumah dan isinya yang terdiri dari alat elektronik, dua buah computer, almari kuno, kursi tamu, peralatan dapur, kayu kusen terbuat dari jati, pakaian habis terbakar, “Termasuk surat-surat penting,” keluh Karmuji.

Di duga penyebab kebakaran akibat dari korsleting. Tumirin warga desa Tlogo yang bekerja sebagai karyawan CV Langgeng Jaya, yang tepat berada sebelah rumah Karmuji, mengaku dirinya saat bekerja bersama rekan lainnya,  tiba-tiba melihat api yang sudah membesar di atap lantai atas dan mengeluarkan asap kehitam-hitaman. “Ya pas melihat api dan asap, ya semua panik, lalu minta tolong pada warga yang berdekatan dengan rumahnya, tapi api sudah besar, makanya warga setempat lalu menghubungi pamong desa dan dilanjutkan kontak ke Pemadam kebakaran,” jelas Tumirin.

Pada saat yang sama Danramil 0808/03 Kapten Kav. Agus Siswanto, segera setelah mendapat informasi dari pamong desa setempat, segera memerintahkan anggotanya untuk membantu masyarakat setempat dalam memadamkan api yang sedang mengamuk. Seorang Babinsa Serka Karsono bersama anggota koramil yang lain, segera tanggap langsung memberikan bantuan tenaga, dalam memadamkan kobaran api, sampai-sampai alat yang dibuat untuk melindungi kepalanya hanyalah sebuah panci bekas, “Gak opo-opo pak, sing penting ndasku aman ambek rontokan tembok sing gosong,” tukas karsono dalam Bahasa Jawa, sambil menyemprotkan air ke arah api yang semakin besar.

Kurang lebih selama tiga jam, akhirnya api berhasil dipadamkan berkat kerjasama, masyarakat, babinsa dan pasukan pemadam kebakaran dari Pemkab Blitar. Gotong Royong antara TNI bersama pasukan pemadam kebakaran serta rakyat, khususnya warga desa Gaprang masih kental sekali, sesekali terdengar suara gemuruh dari penduduk yang membantu memadamkan api terdengar sangat ramai sekali, apalagi kebakaran tersebut terjadi di siang hari bolong.

Komandan Kodim 0808 Letkol Arm. Tejo Widhuro saat menerima laporan Danramil Kanigoro Kapten Kav. Agus Siswanto, segera meluncur ke lokasi untuk meninjau di TKP. Tejo Widhuro sempat memberikan motivasi pada anggotanya, “Seorang Babinsa memang harus dituntut kecepatan dan ketepatan dalam bertindak, kalian bekerja selama 24 jam, dalam membantu warga yang terkena musibah, janganlah meremehkan keadaan yang sedang terjadi, sekecil apapun permasalahan yang terjadi diwilayah kalian harus bisa terlebih dulu mengetahui bahkan harus berada di barisan terdepan dalam membantu  kesulitan masyarakat didaerah binaan kalian masing-masing,” tandasnya saat api berhasil dipadamkan. (asd)

Di Blitar Babinsa Damkar dan Warga Bahu Membahu Padamkan Kebakaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: