Bandara Husein Sastranegara Bandung Ditutup Karena Letusan Kelud

BANDUNG (titik0km.com)Abu Erupsi gunung kelud yang terjadi pada kamis (13/2) malam, sudah mencapai kota Bandung dan juga di Kabupaten Garut. Terlihat jalan dan rumah di sebagian wilayah Jawa Barat mulai tertutup abu erupsi gunung kelud walaupun masih tipis, namun dirasa cukup mengganggu pernafasan dan membuat perih mata, seperti yang dilaporkan kontributor Titik Nol Kilometer Jawa Barat.

Abu vulkanis Gunung Kelud juga mengganggu jadwal penerbangan dari dan menuju kota Bandung. Saat berita ini diturunkan Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ditutup bagi semua penerbangan, Jumat (14/2) mulai pukul 15.30 WIB, karena abu letusan Gunung Kelud telah memasuki kawasan tersebut.

Ketika dikonfirmasi GM Angkasa Pura di bandara Husein Sastranegara, Yayan Hendrayani, penutupan tersebut diberlakukan untuk sementara hingga pukul 18.00 WIB. Alasan utama penutupan tersebut, katanya, tidak lain demi keselamatan penerbangan. Sebelum penutupan semua penerbangan, bandara tersebut pada pagi hari membatalkan penerbangan ke tujuan Surabaya, Solo, dan Yogyakarta karena bandara di tiga kota tersebut sudah terlebih dahulu ditutup sejak Jumat pagi. Abu vulkanik Gunung Kelud sendiri sampai di Bandung pada Jumat siang sekitar pukul 12.00.

Untuk mengantisipasi paparan abu vulkanis Gunung Kelud, PMI Kota Bandung melakukan pembagian masker gratis kepada masyarakat, pembagian ini dilakukan di Simpang Jalan Aceh dekat kantor PMI Kota Bandung. Petugas yang membagikan masker berguna membantu masyarakat yang sedang beraktifitas diluar rumah dan yang tidak memakai masker. Pembagian ini dilakukan karena abu vulkanik, jika terhirup cukup berbahaya bagi kesehatan.

Sementara itu Pemerintah Kota Bandung menganjurkan bagi masyarakat bila untuk tidak beraktivitas di luar rumah tanpa masker, kecuali jika ada keperluan yang mendesak. Sementara itu menurut laporan dari koresponden kami di Garut dan Tasikmalaya bahwa abu vulkanik hasil erupsi gunung kelud juga sudah menutupi wilayah Garut yang menyebabkan cuaca sedikit gelap karena sinar matahari terhalang oleh abu. (gun/ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: