Banyak yang Bilang Abu Kelud Lebih Dahsyat Dari Abu Merapi

JOGJAKARTA (titik0km.com) – Akibat hujan abu dari letusan eksplosif Gunung Kelud, masyarakat Jogjakarta sempat membandingkan antara letusan Kelud dan letusan Merapi. Banyak warga yang menganggap dampak letusan Gunung Kelud lebih dahsyat ketimbang letupan Gunung Merapi pada tahun 2010. Gunung Kelud yang berada di Provinsi Jawa Timur tersebut dinyatakan oleh PVBMG tingkat awas atau level IV pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2014 pukul 21:15 WIB itu dan mengalami erupsi pada pukul 22.50 WIB.

Beberapa jam kemudian, pada saat dini hari, tepatnya pukul 03.00 WIB, hampir seluruh wilayah Jogjakarta diselimuti abu vulkanik. Akibatnya, pada Jumat pagi, ketebalan abu mencapai lima sentimeter di sejumlah titik. Seperti di Jogjakarta selatan, perbatasan Kabupaten Bantul. “Letusan Merapi dulu saja abunya tidak sampai Gunung Kidul, ini hampir seluruh wilayah Gunung Kidul juga kena,” ujar Warta, warga Gunung Kidul Jumat (14/2).

Pardiman, penduduk Kasihan, Bantul, Jogjakarta, juga menyatakan dampak letusan Kelud lebih mengerikan dari Merapi. Meski erupsi Merapi pada 2010 dibarengi hujan kerikil dan pasir yang menyakitkan bila terkena badan. “Waktu Merapi, rasanya hujan kerikil mencubiti badan. Tapi sekarang abunya tebal sekali dan kecokelatan, bikin mata sakit jika terkena,” kata Pardiman.

Sementara di wilayah Kota Jogjakarta, seluruh sekolah diliburkan akibat pekatnya abu. Sejumlah pengelola pertokoan dan minimarket pun menyatakan kehabisan stok masker. Permintaan akan masker meningkat drastis setelah Jogjakarta diguyur hujan abu. “Stok masker sudah habis sejak jam 05.00 tadi, banyak sekali warga yang mencari,” kata seorang petugas minimarket 24 jam di kawasan Sonosewu, Jogjakarta.

Sampai sekitar Jumat (14/2) pagi, sekitar pukul 07.30, hujan abu masih mengguyur Jogjakarta. Namun intensiasnya tak sederas dinihari tadi. Sementara itu Sultan HB X DIY Jogjakarta juga telah menetapkan status darurat untuk DIY Jogjakarta selama sepekan kedepan, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: