Basmi Pungli DalamPelayanan, Pemkab Jember Mengawali di Dispendukcapil

JEMBER (titik0km.cm) – Banyaknya layanan yang dikeluhkan masyarakat terkait dengan adanya pungli di beberapa layanan publik, membuat Pemerintah Kabupaten Jember merespon dengan melakukan terobosan memberikan transparansi pelayanan terhadap Publik, hal ini dimulai dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR memerintahkan kepada Dispendukcapil Pemkab Jember untuk lebih terbuka dan transparan dengan membuka layanan pengaduan, perintah inipun langsung ditangkap oleh Plt. Kepala Dispendukcapil Jember Sri Wahyuni dengan membuka layanan pengaduan berikut nomor telepon seluler yang bisa ready on call alias bisa dikontak langsung. Mulai pengurusan KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, hingga layanan data kependudukan lainnya.

Bahkan Mantan Kabag Humas ini juga memampang baleho besar di halaman depan Kantor Dispendukcapil Pemkab Jember, Lengkap dengan nama dan foto pejabat yang terkait dengan Adminduk mulai dari nama Plt Kepala Dispenduk, dan kepala bidang, bahkan dalam baliho tersebut juga berani menunjukkan logo komitmen pelayanan tanpa pungli.

“Kita dengar masih banyak keluhan masyarakat terkait layanan data kependudukan dan laporan adanya pungli dalam pengurusan data kependudukan, kini kita buka layanan pengaduan berikut nomor kontak yang bisa dihubungi, dan diharapkan kepada dinas lain untuk segera melakukan hal yang sama,”  ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati Faida berharap, dengan layanan pengaduan tersebut,  layanan masyarakat semakin baik dan transparansi publik semakin terjaga. “Dinas-dinas lainnya harus segera menerapkannya, Layani rakyat dengan hati, jika ada keluhan soal layanan data kependudukan dan lainnya bisa langsung menghubungi layanan pengaduan tersebut,” tandasnya. (ali/mjl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: