PATPI Berdiskusi Kedaulatan Pangan Indonesia Di Jember

JEMBER (titik0km.com) – Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Cabang Jember menggelar seminar nasional yang bertajuk Peran Teknologi Industri Pangan untuk Percepatan Tercapainya Kedaulatan Pangan Indonesia.

Seminar yang dibuka pada tanggal 26 Agustus malam, bertempat di Gedung KAUJE Universitas Jember dengan panelis Prof. Dr. Ir Rudi Wibowo dan Prof. Ir. Achmad Subagio M.agr, Ph.D. SeminarPATPI 2013 sendiri dilaksanakan pada tanggal 27 s/d 29 Agustus 2013 di Aston Jember Hotel.

Beberapa bidang kajian yang akan disajikan dalam seminar nasional PATPI antara lain analisis pangan dan pangan fungsional, rekayasa dan bioteknologi pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, serta analisis ekonomi, manajemen dan kebijakan dalam industri pangan.

Seminar yang diadakan PATPI cabang Jember ini ditujukan untuk meningkatkan peran teknologi dan industri pangan untuk percepatan tercapainya kedaulatan pangan Indonesia. Selain itu untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta ahli dalam pencapaian kedaulatan pangan melalui desiminasi atau mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan para peneliti dan kemungkinan dapat teraplikasikan dalam masyarakat.

“Tidak hanya itu, tujuan lain yang ingin kita capai yaitu dapat meningkatkan partisipasi dan peran serta produsen/industri dalam pencapaian kedaulatan pangan Indonesia,” ujar Ahmad Nafi, salah satu anggota PATPI cabang Jember yang menjadi panitia penyelenggara seminar nasional.

Selama ini, baik pemerintah, para ahli, masyarakat, dan pelaku usaha masih belum mampu bekerjasama dengan maksimal. Dengan adanya seminar ini diharapkan ada sinergi yang baik antara semua pihak sehingga kedaulatan pangan di Indonesia bukan hanya jadi angan-angan.

Seminar nasional ini merupakan kerjasama antara Pengurus PATPI Cabang Jember dengan Universitas Negeri Jember, Politeknik Jember, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, dan Pemkab Jember ini memang diikuti berbagai pihak, tak hanya anggota PATPI, tetapi juga Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4), peneliti, pakar, pemerintah, mitra industri, hingga mahasiswa.

Peserta seminar tak hanya berasal dari seluruh penjuru pulau Jawa, tetapi juga berasal dari Pulau Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Seminar nasional PATPI ini menjadi sangat prestisius mengingat pembicara yang hadir merupakan mereka yang memang ahli di bidang teknologi pertanian.

Sebut saja Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI) yang masih dalam konfirmasi, Prof. Dr. Achmad Suryana (Kepala BKP Pusat), Prof. Dr. Rudi Wibowo (Komisaris Utama PTPN X), Prof. Irwandi Jaswir, Ph.D (IIUM Malaysia), Prof. Dr. Anton Apriantono (Mantan Menteri Pertanian RI), Dr. Roy Sparingga (BPOM RI), Ir. Joko Mogoginta (Dirut PT. TPS Food Tbk.), Prof. Ir. Ahmad Subagio, M.Agr., Ph.D (Universitas Jember), serta Rustono (Pengusaha Tempe Indonesia di Jepang). [sumber : Humas Pemkab Jember]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: