Berjumpa Pasukan TNI Garuda XXIII-E Lebanon Di Madinah

Kontingen TNI GARUDA XXIII-E melaksanakan Ibadah UmrahMADINAH (titik0km.com) – Puluhan pria tegap berambut cepak turun dari bus di depan Hotel Mubarak al Masi di Madinah, tempat dimana penulis dan rombongan umroh asal Jember, Lumajang, Bondowoso, Probolinggo dan Banyuwangi menginap,

Awalnya agak aneh ketika melihat busana yang di kenakan jamaah terebut, seperti celana jeans, berjaket, bersepatu kets dan berkacamata hitam, serta berwajah Indonesia, kami tidak menyangka kalau itu adalah jamaah umroh. Selisih 30 menit, datang lagi Bus yang membawa rombongan dengan ciri-ciri penumpang yang sama.

Tidak begitu lama seorang yang nampak menjadi koordinator dari rombongan itu mengumpulkan semua penumpang dari Bus tersebut di Lobby Hotel. Selidik punya selidik, mereka adalah Pasukan TNI Garuda XXIII-E, Pasukan Penjaga Perdamaian dari Indonesia yang bertugas di Lebanon di bawah Koordinasi PBB.

Salah satu Anggota TNI yang bernama Imdadun dari kesatuan TNI AD, kelahiran Tuban, dan bertugas di Surabaya. Mengungkapkan bahwa mereka datang ke Madinah dalam rangka cuti tugas 6 hari dan mendapat kesempatan menunaikan Ibadah Umrah di tanah suci. ” Kami adalah gelombang pertama yang datang kesini, satu rombongan sebanyak 90 anggota dan terbagi dalam dua Bus” ujarnya kepada kontributor lepas titik0km.com di Madinah al Munawwarah Saudi Arabia, Iqbal Kholidi.

“Nanti akan datang lagi mas, rombongan berikutnya dengan jumlah anggota yang sama setelah kami selesai umrah, kami tinggal 2 hari di Madinah dan sisanya di Mekkah” ujarnya dengan antusias.

Percakapan saya di lanjutkan dengan anggota Garuda yang lain, yakni dengan Ilham dari kesatuan TNI AU ketika kami berjalan bersama menuju Masjid Nabawi untuk menunaikan sholat Ashar, mengatakan bahwa Kontingen TNI Garuda sudah bertugas di Lebanon sejak 5 bulan yang lalu, masa tugas misi kemanusiaan ini selama 1 tahun.

Banyak suka duka yang dialami di sana. ” Warga Lebanon di sana sangat respek dengan TNI, mereka warga Lebanon selalu antusias mengikuti program kemanusiaan yang di selenggarakan TNI, kehadiran TNI Garuda di sambut baik,” ujar prajurit asal Magetan ini.

Ilham mengatakan, mengatakan bahwa situasi di Lebanon tetap memanas sampai saat ini. “Menurut informasi yang beredar di Lebanon, Israel akan menyerang Lebanon wilayah basis-basis Hizbullah yang merupakan milisi bersenjata muslim Syi’ah, untuk itu Hizbullah berencana akan menyerang Israel terlebih dahulu, dan kabar ini banyak beredar di Lebanon saat ini,” ujarnya khawatir.

Di akhir pembicaraan Ilham mengatakan ia bersama rekannya, meminta agar warga Indonesia berdo’a agar tidak terjadi kontak senjata antara Hizbullah dengan Israel seperti tahun 2006. “Namanya juga perang akan banyak menimbulkan korban, terutama dari wanita dan anak anak yang paling menderita,” ujar Ilham.

Karena menempati hotel yang sama, seorang anggota TNI Garuda asal kabupaten Probolinggo, justru tanpa di duga bertemu dengan beberapa jamaah umrah asal Probolinggo yang kebetulan adalah tetangga di kampung halamannya. Singkat cerita mengalirlah perbincangan tentang kabar terakhir dari kampung halaman dengan akrab.

Malam harinya ketika setelah sholat Isya’ saat jam makan malam, kami bersama jamaah umrah makan bersama dengan anggota TNI Garuda di ruang makan hotel, semua berbaur tanpa perbedaan, sebagai sesama tamu Allah SWT. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: