Bersama LP3M, Bupati Jember Kawal Usulan KH. Ahmad Siddiq Jadi Pahlawan Nasional

Jember (titik0km.com) – Usul gelar Pahlawan Nasional bagi KH. Ahmad Siddiq yang sudah dilakukan Pemkab Jember sejak beberapa tahun lalu, terus dimatangkan, Jumat (10/5/2019) Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR bersama dengan Tim Task Force Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember, menggelar pertemuan untuk mematangkan usulan tersebut.

“Banyak keteladanan yang bisa di contoh dari sosok pahlawan yang lahid di Jember, selain Letkol M. Sroedji dan dr. Soebandi, sosok KH. Achmad Siddiq juga patut untuk diteladani, beliau adalah pejuang untuk asas tunggal Pancasila dalam sejarah bangsa,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati menambahkan, pengusulan gelar pahlawan untuk KH. Achmad Siddiq tersebut, seiring dengan semangat masyarakat Jember, oleh karenanya pemerintah dalam hal ini Pemkab Jember akan menindaklanjuti usulan tersebut dalam momen Bulan Pancasila pada Juni mendatang.

“Nanti pada saat bulan Pancasila Juni mendatang, akan kita isi dengan kegiatan untuk mengawal gelar kepahlawanan KH. Achmad Siddiq, kegiatan ini nanti akan melibatkan tim, pihak keluarga, masyarakat, akademisi Universitas, sejarawan, serta Pemkab Jember, kita siapkan seminar untuk menggelar sosialisasi kepahlawanan beliau,” jelas Bupati.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada publik dan kajian bersama. Selanjutnya akan dibawa ke pemerintah pusat melalui Gubernur Jawa Timur. “Ini suatu hal yang luar biasa, bahwa KH. Achmad Siddiq adalah kiai besar dari Jember, bisa menyatukan ummat dan mengusung asas tunggal dengan menjadi pelopornya. Ini adalah perjuangan orang Jember dari Jember untuk Indonesia,” ujar bupati.

Sementara itu, Akhmad Taufiq selaku ketua Tim Task Force LP3M Unej mengaku, tidak menduga dengan respon cepat yang diberikan oleh bupati untuk mengawal pengusulan tersebut.

“Hari ini, kami tidak menduga, betapa apresiasi dan komitmen Bupati Jember untuk mengawal proses pengusulan KH. Achmad Siddiq sebagai pahlawan nasional  begitu cepat,” katanya.

Akhmad Taufiq mengatakan, Bupati menginginkan pada bulan Juni tim dari Universitas Jember untuk terlibat mengawal proses pengusulan itu.

“Kami tim dari Universitas Jember sangat berbahagia, dan menghargai komitmen bupati untuk mengawal proses ini,” pungkas pria asal Lamongan ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: