Bersinergi Bangun Media Yang Profesional

JEMBER (titik0km.com) – Membangun sebuah media bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dikaitkan dengan mutu etika, dan profesionalitas media itu sendiri. Pergeseran dari era industri menuju era informasi tak pelak menjadikan “infomasi” sebagai layaknya sebuah komoditas seperti barang. Disamping itu pergeseran juga ditentukan oleh perkembangan teknologi yang cepat.

Kondisi ini terungkap pada saat Pemimpin Redaksi Pemberitaan Jember (Berita Jember) di Jember 1 TV, Wuwul Suraeng Koko saat berdiskusi dengan Istono, Pemimpin Redaksi titik0km.com di Kantor Redaksi titik0km.com, jl. Jayanegara 80 Jember, pada Rabu (09/10) lalu. Informasi memang menjadi sajian utama di media seriring berkembangnya era informasi, sehingga sajian berita dan informasi akan sangat banyak didapatkan secara mudah, baik melalui cetak, elektronik maupun online. “Karena percepatan dan dukungan teknologi serta mekanisme media yang semakin lama semakin efisien, maka awak mediapun juga harus dituntut profesional dan selalu menjaga etika media,” kata Wuwul.

Dalam diskusi itu juga tergambar bagaimana peranan teknologi juga memberikan dampak yang cukup besar terhadap berkembangnya media baru yang bisa menjangkau masyarakat dengan mudah, “Perkembangan teknologi yang bisa digunakan media untuk menjangkau masyarakat juga semakin berkembang, ini berarti ada percepatan dalam proses memunculkan berita, bisa jadi karena kecepatan itu sebuah pemberitaan oleh media terkesan tidak berimbang,” papar Istono.

Untuk menanggulangi hal tersebut, seperti yang disampaikan oleh Wuwul dan Istono, mencoba menjembatani dan selalu melakukan upaya-upaya untuk menjunjung tinggi etika dan profesionalitas media melalui sinergi dari Jember 1 TV dan titik0km.com, “Prinsip pers dan jurnalistik tetap sama walaupun berbeda media tayang, jika Jember 1 TV adalah TV lokal yang berbasis kabel, sedangkan titik0km.com adalah media online, namun masih mungkin bersinergi untuk tetap mengedepankan etika dan profesionalitas media itu sendiri, caranya banyak, berdiskusi dan sekedar mengobrol antar pemred, atau membuat pelatihan bersama bagi awak media tentang seputar tema jurnalistik sesuai dengan latar belakang masing,” jelas Wuwul

“Saya kira untuk meningkatkan sumberdaya media terutama pada awak media harus terus dilakukan, karena mereka adalah ujung tombak penyajian berita itu sendiri, jika memungkinkan harus dibuat pelatihan dan pertemuan secara rutin untuk meningkat mutu dan mengembangkan karakter berbasis lokal, ini sangat penting karena dampak serbuan budaya modern yang cenderung diwakili budaya barat melalui media itu sendiri,” kata Istono

Jember 1 TV dan titik0km.com akhir sepakat bersinergi dalam upaya untuk membangun media yang tetap berpegang pada etika dan profesionalitas yang pada akhirnya akan menghadirkan sajian informasi yang bermutu bagi masyarakat itu sendiri, “Kedepan akan dirancang bagaimana bisa mewujudkan supaya terjadi peningkatan mutu sajian informasi itu sendiri, seperti apa bentuk sinerginya nanti dibahas lebih lanjut,” pungkas Wuwul yang disambut anggukan oleh Istono. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: