Bu Djalal Kumpulkan PKK Kecamatan

Suasana Pertemuan KoordinasiJEMBER (titikokm.com) – Rapat koordinasi dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Sri Wahyuni Djalal menyambut aksi sosial operasi gratis bagi seribu pasien warga miskin. Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Bupati Jember MZA Djalal, Sekkab Jember Sugiarto, Direktur RS Bina Sehat Jember dr faida MMR, seluruh camat, hingga tim penggerak PKK tingkat kecamatan.

Saat rapat koordinasi di pendapa pagi tadi, Sri Wahyuni Djalal menegaskan jika keberadaan PKK sangat strategis dalam kegiatan aksi sosial kali ini.. “Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat Kabupaten Jember dari desa maupun kota. Diharapkan informasi ini dapat sampai melalui dasa wisma yang ada,” katanya.

Dalam mendukung kesuksesan kegiatan ini, pihaknya mengamanatkan tanggung jawab aksi sosial kepada pokja 4 yang membidangi kesehatan lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Sementara itu, Direktur RS Bina Sehat Jember dr. Faida MMR mengatakan, aksi sosial tersebut akan semakin dirasakan warga miskin dengan keterlibatan jajaran PKK hingga tingkatan bawah. “Peran aktif ibu-ibu penggerak PKK bisa dilakukan dengan cara memotivasi penderita, mempersiapkan kelengkapan administrasi penderita (KTP,KK dan SKTM), mengantar penderita ke RS Bina Sehat, hingga mendampingi penderita saat operasi dan saat kontrol setelah operasi dilakukan,” jelasnya.

Faida menambahkan, dukungan para ibu-ibu penggerak PKK Jember dan camat se Kabupaten Jember sangat dibutuhkan bagi warga miskin yang hendak menjalani operasi gratis.

Dijelaskannya, kegiatan aksi sosial operasi gratis 1000 dhuafa ini diperuntukkan bagi pasien-pasien penderita bibir sumbing, penderita katarak, penderita polidaktili (jari lebih) dan penderita CTEV (kaki pengkor).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Jember M.Z.A Djalal meminta kepada jajarannya untuk ikut mendukung dan saling bekerjasama demi membantu warga miskin. “Mari bersinergi baik dengan Kodim, Dinas Kesehatan dan semua pihak yang turut membantu kegiatan ini,” ujarnya. Apalagi, operasi gratis tersebut diperuntukkan bagi 1.000 kaum dhuafa.

Untuk pengiriman pasien, kata Djalal, sebaiknya dijadikan satu melalui tim penggerak PKK. Ini supaya memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan tim RS Bina Sehat. Bupati juga menginstruksikan untuk dibuka posko kegiatan aksi sosial ini di sekretariat PKK Kabupaten dan di RS Bina Sehat.

“Keikutsertaan kita membantu warga masyarakat yang membutuhkan merupakan kesempatan yang baik untuk kita dapat meringankan beban sesama dan merupakan lahan pahala apabila dilakukan dengan ihklas,” ujarnya. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: