Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Regional » JEMBER » Gus dan Ning Jember » Budaya Pendalungan di Gus Ning Jember 2013

Budaya Pendalungan di Gus Ning Jember 2013

Budaya Pendalungan di Gus Ning Jember 2013

Gus dan Ning 2013 600pxJEMBER (titik0km.com) – Salah satu materi yang harus dikuasai oleh peserta Gus Ning Jember 2013 selain potensi wisata Kabupaten Jember adalah mengenai Budaya Pendalungan. Menurut Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Jember, Arief Tjahyono,  pengenalan Budaya Pendalungan sendiri akan menjadi salah materi yang diberikan kepada finalis Gus Ning Jember 2013. “Rencananya akan diberikan langsung diberikan oleh pakar kajian kebudayaan lokal, terutama tentang Budaya Jember. Jika tidak ada perubahan nanti panitia Gus Ning Jember 2013 akan mengundang Prof. Dr. Ayu Sutarto untuk memberikan gambaran yang lengkap dan utuh tentang budaya pendalungan di hadapan finalis Gus Ning Jember 2013.

Kebudayaan Pendalungan sendiri merupakan budaya yang tumbuh dan berkembang di wilayah timur Jawa Timur, terutama di Jember. Dengan perpaduan 2 sub kultur budaya Jawa dan madura, di samping sentuhan budaya dari Tionghoa, Arab serta Osing dalam kurun waktu tertentu lambat laun menjadi dan terbentuk sebagai karakter khas kebudayaan pendalungan. Kekayaan karakter inilah yang nanti harus dikuasai oleh para finalis Gus Ning Jember 2013. Selain itu peserta dibekali dengan khasanah pariwisata, public relation, pemahaman napza, pemahaman HIV/AIDS, serta kepribadian bagi para finalis Gus Ning Jember 2013.

Pendaftaran Gus Ning Jember 2013 sesuai jadwal akan ditutup pada tanggal 30 Mei 2013. Sampai saat ini banyak peserta yang telah mengunduh formulir pendaftaran yang disiapkan titik0km.com sebagai pendukung acara pemilihan Gus Ning Jember 2013 kali ini. Formulir Gus Ning Jember 2013 sendiri sudah terunduh sebanyak 70 kali sejak fasilitas unduh ini terpasang di website titik0km.com sejak pembukaan pendaftaran. Calon peserta tinggal mengunduh dan kemudian mengisi formulir kemudian bisa dikembalikan ke sekretariat Gus Ning Jember 2013 di Kantor Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Jember.

Deta Subiyantoro dari bagian Pemasaran dan Penyuluhan Kantor Pariswisata dan Kebudayaan Jember menjelaskan bahwa penutupan pendaftaran tetap pada tanggal 30 Mei 2013. “Untuk pertemuan teknis akan diadakan pada tanggal 31 Mei 2013 dan langsung dilanjutkan ke babak penyisihan Gus Ning Jember 2013 pada tanggal 1 dan 2 Juni 2012″, ungkap Deta. Rencananya pertemuan teknis akan diadakan pada tanggal 31 Mei 2013, pukul 15:00 wib di aula Dinas Pendapatan Kabupaten Jember, “Jadi masih ada waktu untuk calon peserta Gus Ning jember 2013 untuk mendaftarkan diri,” pungkas Deta kepada titik0km.com . (ias)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top